Mau Beli Mobil Baru Secara Tunai? Perhatikan Dulu Tips Berikut Ini

Car - Canva

Car - Canva

Like

Be-emers, sudah kepikiran buat beli mobil belum?

Bukan cuma jadi kebutuhan untuk berkendara, bagi sebagian orang, mobil juga kadang jadi bagian dari gaya hidup. Makanya, beli mobil pun kadang harus disesuaikan dengan berbagai faktor, seperti kebutuhan hingga budget.

Opsi yang paling umum untuk bisa beli mobil baru, tentunya dengan cara cicilan. Namun, ada juga sih yang lebih suka beli mobil baru secara tunai.

Faktor kesiapan dana dalam jumlah besar memang kerap jadi pertimbangan untuk beli mobil secara tunai. Meski begitu, beli mobil secara tunai punya keuntungan lain seperti harganya yang lebih murah dari kredit, dan pastinya bebas dari bunga deh.

Nah buat kamu yang sudah punya budget yang cukup untuk beli mobil secara tunai, dikutip dari Bisnis, ini sejumlah tips yang bisa kamu terapkan.


Baca Juga: Beli Mobil Pre-Owned Jadi Solusi Buat Kamu yang Punya Budget Terbatas


Tentukan Waktu
Pertama, coba tentukanlah waktu terlebih dahulu untuk membeli mobil. Sebaiknya sih, kamu bisa tentukan jauh-jauh hari, misalnya dalam waktu minimal 6 bulan atau satu tahun sebelumnya.

Soalnya, mobil itu kan aset yang harganya tidak murah. Untuk itu, membeli mobil tentu membutuhkan perencanaan yang baik.

Ingat, membeli mobil secara tunai tanpa perencanaan waktu justru bakal bisa menguras tabungan dalam jumlah besar.


Hitung Harga Mobil
Kalau kamu berniat membeli mobil tahun depan, maka besar kemungkinan harganya enggak lagi sama dengan di tahun ini.

Kamu bisa lakukan perhitungan dengan menggunakan metode time value of money.


Investasi untuk Mengumpulkan Dana
Berniat membeli mobil dua tahun ke depan dengan harga sekitar Rp200 juta? Kamu bisa kumpulkan dana di instrumen investasi rendah risiko lho!

Dengan berinvestasi, proses pengumpulan dana yang kamu lakukan akan menjadi lebih ringan. Soalnya,  imbal hasil beberapa produk investasi jelas melebihi bunga di tabungan bank.

Misalnya, untuk jangka waktu dua hingga tiga tahun, kamu bisa pilih instrumen investasi seperti deposito, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan surat utang negara.


Jangan Gengsi! Coba Berburu Diskon
Ingat, pilih mobil sesuai kebutuhan kamu, bukan keinginan. Misalnya nih, kalau kamu sudah berkeluarga dan tinggal di daerah rawan banjir, kamu bisa pilih mobil 7 seater dengan ground clearance tinggi tentu menjadi pilihan yang cerdas.

Nah, usahakan juga untuk coba cari diskon nih, Be-emers. Kalau bisa dapat harga mobil yang sudah diskon, maka kamu jadi bisa mengalokasikan sisa dana untuk membeli mobil ke kebutuhan lain, seperti untuk dana darurat atau membayar asuransi mobil.

Baca Juga: Kaum Milenial Mending Beli Rumah atau Mobil dulu ? Intip Pertimbangannya di Sini