5 Cara Mengatasi Rasa Takut, Jadilah Pribadi Tangguh!

Cara mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay.com)

Cara mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay.com)

Like

Rasa takut terhadap sesuatu merupakan hal yang wajar dialami manusia. Namun jika perasaan takut menjadi berlebihan, tentu kamu perlu menanganinya dengan mencari cara mengatasi rasa takut yang tepat. 

Dilansir dari dictio.id mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai kepribadian yang tangguh dapat tetap sehat walaupun sedang dalam kondisi yang penuh dengan stress.

Ketakutan yang berlebihan tentu akan menjadi penghalang seseorang untuk mencapai tujuannya. Terutama bagi mereka yang sedang mempersiapkan masa depannya. Untuk itu, dibutuhkan perubahan pribadi agar siap menjalani hari untuk menuju kesuksesan.

Pikiran yang terbebani beragam hal yang negatif bisa memicu rasa takut seseorang. Untuk memudahkanmu mengatasi rasa takut yang berlebihan, kamu bisa menyimak penjelasan yang ada dalam ulasan berikut ini.


1. Meyakinkan Diri Untuk Melakukan Perubahan


Teruntuk kamu yang memang memiliki rasa takut, jangan pernah menyangkal bahwa hal tersebut merupakan bagian negatif yang ada dalam dirimu. Pandang rasa takut itu sebagai kelemahan yang perlu dirubah.


Akui kelemahan tersebut sembari menumbuhkan tekad untuk berubah menjadi pribadi yang tangguh. Untuk merubahnya, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, dibarengi dengan niat dan usaha yang seimbang tentu perubahan akan cepat terjadi.

Sebagai saran, lakukan perubahan secara bertahap. Hadapi rasa takut yang kamu miliki secara perlahan. Cara mengatasi rasa takut yang paling penting adalah meyakinkan dirimu, bahwa kamu mampu berubah menjadi pribadi tangguh demi masa depan cerah esok nanti.


2. Kendalikan Rasa Takut Yang Dimiliki


Satu satunya orang yang bisa mengendalikan rasa takutmu ialah dirimu sendiri. Sebagai pemegang kendali, kamu perlu membuat diri merasa relax ketika ketakutan menghadang. Sebagai gantinya, kamu bisa menyibukkan diri untuk melawan rasa takut itu.

Ketika rasa takut terlintas di pikiranmu, maka jelaskan dalam benakmu jika ketakutan memang hal yang wajar. Kemudian, kamu harus menguatkan mental agar berani menghadapi rasa takut tersebut.

Jika kamu terus menerus melawan ketakutan, maka besar kemungkinan untuk menghilangkan pemikiran yang mengarah ketakutan. Jadi setiap kali perasaan takut itu muncul, usahakan untuk menyibukkan diri dan menguatkan mental yang tangguh.

Baca juga: Resensi Buku Quiet Susan Cain: Siapapun Berharga!


3. Jangan Biarkan Overthinking Menguasaimu


Sebagian darimu mungkin tidak menyadari, bahwa memikirkan hal secara berlebihan dapat menimbulkan perasaan ketakutan. Dalam menyikapi suatu permasalahan, usahakan untuk memikirkannya dengan kepala dingin agar cara mengatasi rasa takut ini dapat efektif. 

Jangan sekali kali memendam pemikiran genting secara sendirian, pasalnya hal tersebut juga kian memperparah rasa ketakutan yang ada dalam dirimu. Cobalah untuk bersikap terbuka. Bagi ceritamu, keluh kesahmu, hingga semua hal yang kau rasakan kepada teman atau keluarga.

Bahkan, kamu bisa meminta saran dari mereka mengenai permasalahan yang sedang kamu hadapi. Setelah menceritakan keluh kesah pada orang lain, secara psikologis pikiranmu akan lebih tenang karena mendapatkan solusi dari lawan bicara.
Jadi, ingatlah untuk tidak memendam perasaan sendirian hingga menjadi overthinking. Selain berbahaya untuk kesehatan mental, overthinking juga dapat membahayakan kesehatan jasmani.


4. Dapatkan Dukungan Dari Orang Terdekat


Menurut sebuah penelitian, kepercayaan diri seseorang akan tumbuh tatkala mendapat dukungan dari orang orang terdekatnya. Secara otomatis, sikap percaya diri yang tumbuh akibat pemberian dukungan lain juga dapat menghindarkan diri dari rasa takut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menceritakan keluh kesah kepada orang terdekat merupakan cara mengatasi rasa takut yang tepat. Lawan bicara tentu akan memberikan solusi, dukungan, dan saran kepadamu untuk menyelesaikan masalah.

Rasa takut mestinya dimiliki oleh setiap manusia. Namun, jika rasa takut menjadi berlebihan tentu akan menghambat perkembangan pribadi seseorang. Dengan menerapkan kiat kiat yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut, niscaya rasa takutmu akan mereda. Tetap semangat!

Baca juga: Extrovert, Introvert Bukan Soal Aktif Berbicara Tapi Energi!