4 Tips Hemat Uang Untuk Generasi Milenial Yang Menginjak Usia 20an

Cara mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay.com)

Cara mengatasi rasa takut (Sumber: Pixabay.com)

Like

Memiliki pendapatan atau belum tentu harus diimbangi dengan cara mengatur keuangan yang baik. Sejak dini, setiap orang harus berlatih untuk menghemat atau menabung agar tidak menjadi orang yang konsumtif terhadap hal hal yang kurang prioritas. 

Dilansir dari gaya.tempo.co mengatakan bahwa manfaat menghemat uang untuk generasi milenial yaitu dapat membuat milenial memiliki kemandirian secara ekonomi dan harapan hidup yang berkualitas di masa depan, terutama saat usia yang sudah tidak produktif.

Tips hemat uang untuk generasi milenial dan gen Z yang menginjak usia 20an ini sangat penting. Yuk cek ulasannya di sini!


Cara Mudah Menghemat Uang Anda


1. Berlatih Menunda Pembelian

Tips menabung saat pandemi ini adalah mengenali prioritas utamamu. Banyak orang yang membeli suatu barang berdasarkan keinginan, padahal tidak terlalu membutuhkannya. Oleh sebab itu, anda bisa mengambil waktu selama beberapa hari untuk mempertimbangkan keputusan yang tepat. 

Setelah beberapa saat, anda mungkin akan berubah pikiran untuk membeli suatu barang karena sadar bahwa itu hanya sekadar keinginan. Kuncinya saat ini adalah memulai untuk menerapkan gaya hidup minimalis.


Bila anda benar benar membutuhkannya, maka sebaiknya bisa menunggu hingga harganya tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, harga suatu produk bisa saja turun cukup drastis atau ada diskon yang diberikan untuk pembeli. Tak kalah penting, hindari untuk membeli barang elektronik di saat kali pertama diluncurkan agar tidak mendapat harga mahal atau tinggi.


2. Gunakan Kupon

Di zaman serba canggih saat ini, biasanya perusahaan akan memberikan diskon yang cukup besar untuk menarik minat banyak pembeli. Tips hemat uang ini cukup ampuh agar anda tidak membeli barang dengan harga yang terlalu tinggi. sebelum membeli, sebaiknya lebih dulu mengecek beberapa website agar mengetahui kupon diskon yang diberikan untuk produk terkait.

Selain mengandalkan kupon diskon, anda juga bisa menjajal loyalty member yang biasanya disediakan oleh sebuah toko. Sesuai dengan namanya, layanan ini untuk mereka yang telah tergabung dalam sebuah keanggotaan toko. Keuntungan dari tercatat sebagai member, yaitu dapat harga diskon atau harga khusus yang tidak diperoleh konsumen lainnya.

Baca juga: Obligasi Ritel Dinilai Bakal Masih Laris di 2021, Kok Bisa?


3. Hilangkan Langganan TV Kabel

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat milenial yaitu langganan TV kabel yang disebabkan oleh iklan. Dalam iklan tersebut menyebutkan bahwa layanan ini memberikan anda pilihan nonton TV yang lebih banyak. Tak hanya channel dari dalam negeri, anda juga bisa melihat berbagai tayangan yang berasal dari luar negeri dengan harga yang cukup terjangkau.

Akan tetapi, akan terasa merugi bila anda merupakan orang yang jarang berada di rumah atau jarang menonton TV. Sebaiknya putuskan langganan TV kabel agar dapat menerapkan tips hemat uang di usia 20an. Anda bisa memilih streaming film melalui layanan yang diberikan secara gratis atau dengan harga yang jauh lebih murah melalui gadget.


4. Gunakan Penawaran Saldo 0%

Di kemajuan zaman saat ini banyak orang yang mengandalkan pembayaran dengan uang digital atau yang lebih dikenal dengan istilah cashless. Cara ini memang cukup efektif bagi mereka yang tidak ingin ribet saat berbelanja, tetapi anda harus cermat dalam memilih kartu kredit. Dengan begitu anda tidak dirugikan dengan biaya administrasi atau suku bunganya.

Pastikan anda telah memilih layanan kartu kredit dengan suku bunga 0 persen di tiap transaksi yang dilakukan. Dengan begitu, anda akan lebih hemat ratusan ribu bila akan melakukan pembayaran di atas 100 juta rupiah. Tips hemat uang di usia muda ini bisa anda terapkan agar tidak banyak pengeluaran tak terduga yang anda gelontorkan setiap bulannya.

Setiap orang memiliki pengeluaran yang tak sama, tentunya dengan pemasukan yang beda pula. Akan tetapi, anda bisa menghemat pengeluaran dengan beberapa tips jitu yang dapat diterapkan sejak dini. 

Dengan begitu, generasi milenial akan lebih diarahkan ke menabung atau memiliki uang lebih di setiap akhir bulan agar tidak menjadi pribadi yang konsumtif atau boros. Nah, gimana teman-teman? Semoga dapat membantu kamu menjadi sosok yang lebih prihatin dan tidak konsumtif. Selamat mencoba, ya! 

Baca juga: Tren Gaya Hidup Minimalis, Ini Manfaatnya Buat Keuangan Kamu