Modal Bisnis Online Shop Minim ? Yuk Intip Strategi Bisnis Tanpa Modal di Sini

Modal bisnis online shop (Sumber: Pixabay.com)

Modal bisnis online shop (Sumber: Pixabay.com)

Like

Bagi kamu yang sedang membutuhkan biaya tambahan, baik itu mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya. Maka bisnis online shop bisa menjadi alternatif yang ditempuh, meski modal bisnis online shop yang kamu miliki minim sekalipun.

Dilansir dari bisnis.com mengatakan bahwa  ada beberapa keuntungan menjual barang dengan menggunakan layanan  e commerce seperti toko online dibandingkan dengan toko-toko offline seperti menghemat waktu, dapat mengakses pasar secara luas, keuntungan yang didapatkan semakin besar, dan banyaknya penerapan metode untuk meringankan para pemula yang kesulitan dalam memulai usaha seperti metode dropship.

Karena saat ini bisnis online shop bentuknya sangat beragam, dengan berbagai metode yang ada. Bahkan beberapa bisa kamu mulai tanpa modal sepeserpun, menarik bukan ? Berikut beberapa bisnis online shop yang bisa kamu lakukan dengan modal minim atau tanpa modal.


1. Bisnis dengan Sistem Pre Order


Strategi pertama yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis online shop dengan modal minim atau tanpa modal, yaitu gunakan sistem pre order. Dengan sistem pre order, kamu bisa mendapatkan uang muka sehingga kamu pun tidak perlu menyiapkan modal produksi yang besar.

Selain itu sistem pre order bisa memungkinkan kamu untuk mengetahui jumlah calon pembeli, sebelum melakukan proses produksi. Jadi produk yang akan kamu siapkan nantinya akan berjumlah sesuai tanpa ada yang tersisa, atau terbuang percuma.


Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Grosir dan Eceran yang Tepat


2. Menjadi Dropshipper


Apabila modal bisnis online shop yang kamu miliki terbatas, maka kamu juga bisa memilih menjadi seorang dropshipper. Bahkan dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun namun bisa tetap mendapatkan keuntungan.

Dropshipper sendiri merupakan agen perantara, yang bertugas untuk menyampaikan pesanan pembeli kepada supplier. Sebagai pemula, sebaiknya kamu menjadi dropshipper dari satu produk spesifik yang paling kamu kuasai. Dengan begitu promosinya pun akan jauh lebih mudah.

Untuk cara promosinya sendiri kamu bisa melakukan dengan berbagai cara, yang tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Misalnya promosi dari sosial media secara gratis, seperti melalui Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. 


3. Membuka Jastip atau Jasa Titip Online


Membuka jasa titip online bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki modal bisnis online shop terbatas. Bahkan metode jastip ini tidak memerlukan modal, karena umumnya menggunakan sistem pre order. Jadi kamu bisa menawarkan jastip dengan memperlihatkan produk.

Atau kamu bisa juga memberikan kebebasan pada calon pembeli untuk memilih barang yang mereka ingin secara spesifik. Kamu bisa menentukan produk dari merek atau brand mana saja, yang hendak kamu jadikan sebagai jasa titip online ini.

Nantinya calon pembeli akan memilih sendiri barang yang mereka inginkan dari merek tertentu, kemudian mengirimkan sejumlah uang pada rekening kamu. Kemudian kamu hanya tinggal mencarikan barang yang diinginkan tersebut, dan mendapat keuntungan dari jasa ini.

Baca juga: Ini Cara Agar Toko Online Banyak Pengunjung


4. Membuka Lapak Marketplace


Strategi lainnya yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis online dengan modal yang minim yaitu dengan membuka lapak pada marketplace. Membuka lapak di marketplace bisa membuat kamu lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan biaya dalam pembuatan website.

Sebagai pemula, hal ini tentu akan sangat menguntungkan. Untuk membuka lapak pada marketplace, kamu harus membuat akun Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sebaiknya pilih marketplace yang sudah memiliki nama, sehingga bisa membuat produk kamu mudah ditemukan.

Posting produk dengan gambar yang beresolusi tinggi, maka calon pembeli bisa lebih leluasa menentukan barang yang ingin mereka beli. Cara ini cukup efektif bagi kamu pebisnis pemula, yang memiliki modal bisnis online shop terbatas.

Hal terpenting yang harus kamu lakukan dalam memulai bisnis online yaitu mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Buat online shop kamu terlihat meyakinkan, sehingga calon pembeli merasa aman. Serta jangan lupa lakukan promosi dengan memanfaatkan sosial media yang ada.

Baca juga: 5 Bisnis untuk Mahasiswa Tidak Mahal dan Masuk Akal, Yuk Pilih!