Habis Kritik Pemerintah China, Jack Ma Menghilang?

Jack Ma - Pinterest

Jack Ma - Pinterest

Kabar menghebohkan datang dari salah satu orang paling tajir di China, Jack Ma. Pria berusia 56 tahun itu dikabarkan menghilang alias tidak terlihat di publik sejak Oktober 2020 lalu nih, Be-emers.

Hal itu terjadi setelah Jack ma mengkritik Pemerintah China secara terbuka dalam sebuah pidato. Padahal, Jack Ma pernah jadi tokoh favorit rezim komunis China lho!

Yang bikin curiga, diketahui dari laman Bisnis, nama Jack Ma tiba-tiba banget diganti sebagai juri di final Africa’s Business Heroes, sebuah kontes TV bergaya Den Dragons untuk wirausahawan pemula.

Baca Juga: Ramai Jack Ma Menghilang, Seperti Apa sih Kritiknya Terhadap Pemerintah China?

Bahkan, fotonya dihapus dari laman web panel juri dan dirinya juga dikeluarkan dari video promosi lho!

Sebelumnya, Jack Ma sempat bercuit di Twitter kalau dirinya enggak sabar buat ketemu sama semua kontestan di ajang tersebut.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Alibaba mengatakan kalau digantikannya Jack Ma sebagai juri dalam ajang tersebut karena terpentok jadwal.

Baca Juga: Biografi Jack Ma Si Pendiri Alibaba yang Gak Pintar Matematika dan IT!
 

Mengecam Regulator China

Jack Ma diketahui berpidato dengan mengecam regulator China dan bank-bank milik negara.

Kemudian, bulan Desember 2020 lalu, otoritas China tiba-tiba mengumumkan penyelidikan anti monopoli terhadap perusahaannya.

Di sisi lain, dari laporan Reuters, ternyata regulator China dan pejabat Partai Komunis telah mulai mengekang bisnis Jack Ma setelah mengkritik sistem peraturan negara pada Oktober karena menghambat inovasi.

Adapun, China memang punya sejarah membungkam miliarder pengkritik. Misalnya, pada Maret, seorang taipan properti bernama Ren Zhiqiang, menghilang setelah dia menyebut Presiden Xi Jinping sebagai 'badut' karena penanganannya terhadap krisis virus corona.

Waduh, kira-kira gimana kondisi Jack Ma sekarang ya?

Baca Juga: Jadi Konglomerat Paling Tajir di China, Seperti Apa Sosok Zhong Shanshan?