Jadi Andalan Dunia Usaha, Ini Kunci Tren Media Sosial di 2021

Social Media - Canva

Social Media - Canva

Sudah enggak diragukan lagi, kini kekuatan media sosial bukan hanya sebagai platform berbagi informasi dan berkomunikasi. Bahkan, media sosial sekarang sudah jadi wadah yang sangat diperhitungkan dalam sebuah bisnis.

Dengan berbagai fiturnya, media sosial mampu menarik perhatian dari para calon konsumen untuk melirik produk-produk yang dipasarkan.

Apalagi di masa pandemi, yang mana gencar banget gerakan UMKM untuk beralih ke digital. Keberadaan media sosial pun sangat diandalkan oleh para pelaku usaha untuk meraih cuan.

Baca Juga: Mau Cuan Jualan Lewat Medsos? Begini Strateginya

Di sisi lain, tren dalam media sosial juga enggak bisa stagnan lho. Selalu ada hal baru yang menjadi sorotan di media sosial.

Hal itu pun jadi tantangan kamu sebagai pelaku usaha, untuk bisa memanfaatkan secara maksimal media sosial tersebut.

Dari laporan Hootsuite Social Trends 2021, dikutip dari laman Bisnis, ada lima kunci tren media sosial nih di tahun 2021. Tentunya, kundi tren tersebut bisa mendorong perbaikan iklim dunia usaha lho!

Tren tersebut antara lain:
  1. Media sosial akan menjadi jembatan penghubungbdari gap antara produk usaha dengan pengalaman konsumen (consumer experience).
  2. Brand yang dipopulerkan melalui media sosial akan mengambil cara baru menjual cerita dan percakapan. Tujuannya, untuk membangun dialog antara perusahaan dengan konsumen.
  3. Para manajer bidang pemasaran akan memanfaatkan media sosial untuk lebih efektif menarik minat lintas generasi. Oleh karena itu, media sosial akan beradaptasi lebih ramah bagi para manajer dari generasi baby boomers.
  4. Memberikan identitas yang lebih firm melalui media sosial untuk membangun kepercayaan publik.
  5. Media sosial akan menjadi sarana riset ketimbang hanya menjadi sarana promosi untuk mengadaptasi perubahan dari konsumen.

Adapun, menurut Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie, pada tahun 2025 mendatang, ekonomi digital di Indonesia berpotensi mencapai US$124 miliar lho!

Sudah siap bersaing dan memanfaatkan media sosial secara maksimal untuk usaha kamu, Be-emers?

Baca Juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!