Mengenal Intrapreneurship dan Alasan Pentingnya untuk Kesuksesan Jangka Panjang

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Mungkin selama ini, menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur saja sudah cukup. Namun, pernahkah kamu mendengar istilah “intrapreneurship”?

Istilah intrapreneurship merujuk pada sebuah sistem, yang mana menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan untuk dipraktikkan dalam batas-batas suatu perusahaan/bisnis.

Nah, seorang intrapreneur merupakan orang yang bertanggung jawab utntuk melakukan inovasi. Ia enggak hanya menjalani usaha, tapi juga memberikan ide-ide baru terkait produk dan sebagainya di dalam bisnis.

Sementara itu, intrapreneurship ini juga dinilai penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang lho, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, ini alasan pentingnya intrapreneurship dalam sebuah usaha.

Baca Juga: Mengenal Hybrid-Entrepreneur, Ini Risiko yang Perlu Kamu Waspadai
 

Strategi Tepat untuk Milenial

Ternyata, intrapreneurship bisa menjadi strategi efektif untuk membuat milenial tetap terlibat dalam pekerjaan lho!

Kalau seorang intrapreneur melihat bahwa idenya dihargai oleh organisasinya/bisnisnya, hal ini bisa  memicu perasaan bahwa mereka dihargai dan bisa berdampak positif pada masa depan usaha yang dijalani. Pada akhirnya, hal tersebut bisa meningkatkan motivasi.
 

Ide Berkelanjutan Agar Kompetitif

Pada dasarnya, intrapreneurship mengacu pada kumpulan ide yang lebih besar secara konsisten. Sementara itu, inovasi menjadi proses yang terjadi satu hingga dua kali per tahun.

Untuk itu, perlu menjadi cara hidup agar kamu benar-benar menuai hasilnya. Adapun, untuk membuatnya berhasil, pendekatan terfokus pada inovasi perlu diambil. 
 

Bisa Evaluasi

Untuk memahami apa yang perlu dilakukan guna memastikan bisnis kamu bisa bertahan 5 hingga 10 tahun ke depan, kamu bisa menarik inspirasi dari perusahaan yang sangat inovatif dan mengamati apa yang mereka lakukan lho, Be-emers!

Soalnya, perlu disadari, cepat merasa puas atau betah di zona nyaman bukanlah sesuatu yang bisa membuat bisnis kamu berkembang. Untuk itu, melakukan inovasi dari evaluasi dari bisnis lainnya juga penting untuk kamu.

Baca Juga: Menjadi Entrepreneur Bukan Kerja Sambilan