Begini Tips untuk Mencapai Ketahanan Finansial

Strong - Canva

Strong - Canva

Perencanaan finansial mendadak jadi topik yang cukup hangat diperbincangkan selama masa pandemi Covid-19. Enggak heran sih, hampir semua orang merasakan tekanan secara ekonomi saat pandemi menerjang.

Bahkan, pandemi juga jadi momen yang pas buat menyiapkan kebutuhan finansial secara jangka panjang lho!

Soalnya, pengalaman selama menghadapi masa sulit di tengah pandemi, bikin banyak orang lebih menyadari pentingnya perencanaan keuangan nih. Be-emers.

Menurut Presiden Direktur PT Chubb Life Insurance Indonesia Kumaran Chinan, dikutip dari Bisnis, pendekatan proaktif diperlukan untuk menghadapi kondisi penuh ketidakpastian. 

Nah, salah satu langkah utama untuk mencapai ketahanan finansial yang solid adalah dengan perencanaan jangka panjang.

Baca Juga: Apa Aja Sih Tujuan Keuangan yang Diperlukan di 2021?
 

Yang Perlu Disiapkan untuk Keuangan Jangka Panjang

Perencanaan keuangan jangka panjang, menurut Kumaran, antara lain dengan menyiapkan asuransi jiwa dan dana darurat. Keduanya juga dianggap bisa memberikan jaminan finansial kamu di masa depan lho, Be-emers.

Kumaran menilai, produk-produk seperti asuransi perlindungan jiwa baik yang berbentuk unit-linked, asuransi jiwa berjangka, hingga asuransi kesehatan dapat menjadi solusi perencanaan keuangan yang tepat.

Apalagi, kepemilikan asuransi jiwa juga dinilai sangat penting buat kamu yang punya keluarga atau tanggungan. Hal itu mengingat adanya kesenjangan antara biaya kesehatan dengan pendapatan rata-rata masyarakat.

Kapan kamu harus mulai merencanakan keuangan jangka panjang?

Jawabannya, menurut Kumaran, enggak ada istilah terlalu dini untuk mulai memiliki asuransi jangka panjang.

Bahkan, kepemilikan asuransi yang lebih awal justru bisa membawa cuan buat kamu melalui penawaran premi yang lebih baik. Sehingga, kamu pun bisa menghindari beban keuangan di masa depan.

Baca Juga: Begini Tips Menyimpan Uang dari OJK yang Perlu Kamu Coba