Konsolidasi dengan Pegadaian & PNM Dinilai Bikin BBRI Makin Kokoh? 

Bank Illustration - Canva

Bank Illustration - Canva

Like

Kabar terbaru datang dari industri perbankan BUMN, Be-emers. Setelah kemarin sempat heboh kabar merger Bank Syariah BUMN, sekarang giliran nama BRI nih yang disorot.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dikabarkan bakal berkonsolidasi dengan PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Jadi, diketahui dari laman Bisnis, bank dengan kode saham BBRI itu akan jadi bahtera baru bagi Pegadaian dan PNM seiring dengan rencana aksi korporasi akuisisi yang akan dilakukan perseroan.

Lalu, gimana dampaknya dari konsolidasi ini?

Baca Juga: BBRI Akan Lakukan Aksi Korporasi, Kira-kira Apa Ya?
 

Bakal Memicu Saham & Nilai Aset

Nah, kalau sampai hal itu terjadi, maka aksi korporasi ini bakal semakin mengukuhkan BRI sebagai pemain utama di segmen UMKM. Terlebih, mega konsolidasi ini juga akan jadi sentimen positif bagi kinerja sahamnya emiten berkode BBRI itu.


Menurut Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan, aksi korporasi itu akan memperbesar nilai aset BRI.

Adapun, diketahui per September 2020, BRI mencatatkan total aset Rp1.447,85 triliun atau terbesar di antara bank umum lho!
 

Berdampak ke UMKM & Perkuat Fundamental

Selain itu, rencana tersebut akan berdampak positif bagi kinerja BRI yang memiliki segmen pasar ritel dan UMKM. Soalnya, Pegadaian dan PNM juga diketahui bermain di segmen tersebut nih, Be-emers.

Trioksa pun optimis kalau fundamental kuat yang dimiliki BRI juga akan berdampak positif untuk mendorong bisnis kedua BUMN itu. Ketiganya punya jaringan dan bisnis yang luas, serta bersinergi untuk mengembangkan sektor UMKM.

Hal itu pula yang bisa jadi alat pemerintah untuk mengembangkan UMKM. Terlebih, segmen UMKM dinilai sangat prospektif. Apalagi, BRI didukung pengembangan teknologi informasi, yang akan sangat positif bagi Pegadaian dan PNM.

Adapun, rencana aksi korporasi ini juga dinilai akan menjadi sentimen positif bagi kinerja saham BBRI. Di penutupan bursa hari ini (13/11), seiring adanya kabar soal konsolidasi, saham BBRI berhasil menguat 1,27 persen dan ditutup di level Rp4.000!

Baca Juga: Enggak Setuju Merger Bank Syariah BUMN? Begini Tahapan Jual Saham BRIS ke BRI