Menggapai Financial Freedom, Ini Lho Tahapan Finansial yang Harus Kamu Ketahui

Like

 

Financial Steps - Canva

Financial Steps - Canva


Tingkatan Financial Freedom

Selain tahapan-tahapan menuju financial freedom, ternyata kebebasan finansial itu sendiri juga punya beberapa tingkatan lagi lho, Be-emers.

Menurut personal Finance David Rae, dikutip dari Forbes, sebenarnya ada beberapa level financial freedom yang bisa kamu capai sesuai dengan tujuan kamu masing-masing nih.

Level kebebasan finansial itu antara lain:
  1. Not Living Paycheck to Paycheck
    Tingkat pertama kebebasan finansial adalah membangun dana darurat. Idealnya, ini termasuk melunasi hutang kartu kredit juga.
     
  2. Cukup Uang untuk Berhenti dari Pekerjaan kamu (sebentar)
    Kebebasan finansial adalah tentang menjadikan pekerjaan sebagai pilihan. Mengumpulkan cukup uang untuk dapat meluangkan waktu untuk tidak bekerja adalah lompatan besar ke arah itu.
     
  3. Cukup untuk Bahagia Secara Finansial dan tetap Menabung

    Ini lebih tentang menikmati hidup kamu dan memiliki uang untuk melakukannya.

    Ada perasaan lega yang sangat besar ketika kamu memiliki cukup uang untuk ditabung, melakukan hal-hal yang kamu sukai dan masih memiliki ekstra di akhir bulan.
     
  4. Kebebasan Waktu
    Apa yang diinginkan banyak orang adalah lebih fleksibel dengan jadwal mereka. Kebebasan waktu dan kebebasan finansial berjalan seiring.
     
  5. Cukup untuk Pensiun Dasar
    Bagi kamu yang ingin pensiun dini dengan kebebasan finansial, pikirkan tentang seperti apa pensiun minimum kamu nantinya.
     
  6. Cukup untuk Pensiun Dengan Baik
    Medali emas diberikan kepada mereka yang telah mengumpulkan aset yang cukup, atau aliran pendapatan pasif, untuk berada dalam posisi pensiun yang baik.
     
  7. Cukup untuk Pensiun Impian
    Betapa hebatnya rasanya mengetahui kamu berada di jalur yang tepat untuk memiliki cukup uang untuk pensiun dan dapat menjalani kehidupan impian kamu.
     
  8. Lebih Banyak Uang Dari Yang Bisa kamu Habiskan
    Ini mungkin tingkat kebebasan finansial yang paling eksklusif. Mudah-mudahan, rencana kebebasan finansial kamu akan memungkinkan kamu untuk hidup lebih lama dari uang kamu.

Nah, kamu ada di tahapan mana nih? Ata level financial freedom mana yang mau kamu capai?

Terus gimana caranya biar bisa menjalani hidup dengan kebebasan finansial?

Mari kita pindah ke halaman selanjutnya, Be-emers!