Menggapai Financial Freedom, Ini Lho Tahapan Finansial yang Harus Kamu Ketahui

Like

 

Financial Steps - Canva

Financial Steps - Canva


Tahapan-Tahapan Menuju Financial Freedom

Nah, ibarat lagi naik tangga atau mendaki gunung, kamu pun harus melewati sejumlah tahapan buat mencapai kebebasan finansial lho, Be-emers.

Soalnya, kamu pastinya akan mengalami kondisi keuangan yang disesuaikan dengan pendapatan, kebutuhan, dan sebagainya.

Kalau berdasarkan info di laman KoinWorks, ada enam tahap finansial untuk kamu mencapai financial freedom. Tahapan tersebut antara lain:
  • Dependence
    Kebutuhan finansial kamu cenderung untuk memenuhi gaya hidup dan di tahap ini kamu masih sangat bergantung sama orang lain.
  • Solvency
    Kamu sudah enggak bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan finansial. Meski punya kewajiban, tapi hal itu enggak bikin kondisi finansial kamu goyah.
  • Stability
    Kondisi finansial kamu lebih stabil,Selain itu, kamu sudah mampu bayar utang, meminimalisir pengeluaran, hingga menyisihkan uang.
  • Debt Freedom
    Asyik, kamu sudah setengah jalan nih menuju financial freedom. Kamu sudah bisa menjadikan uang sebagai alat untuk mengembangkan diri, bukan lagi sekedar alat bertahan hidup.
  • Security

    Kamu sudah merasa aman, karena pendapatan dari hasil investasi atau tabungan bisa untuk memenuhi kebutuhan besar.
  • Independence
    Selamat! Di sini kamu sudah mulai merasakan kehidupan dengan tahap financial freedom. Kamu terus mendapatkan penghasilan dari investasi untuk memenuhi gaya hidup dan kebutuhan.
  • Abundance
    Setelah merasakan kebebasan finansial, ternyata masih ada satu tahap lagi, dimana kamu punya passive income yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan, gaya hidup, dan lain-lain.

Baca Juga: Begini Tips untuk Mencapai Ketahanan Finansial


Enggak cukup sampai di situ, dalam financial freedom sendiri ada levelnya juga lho! Kuy, kita cek di halaman selanjutnya.