Apa Saja yang Bisa Kita Pelajari dari ‘Pemberontakan’ Komunitas Reddit?

Like

Rebel - Canva

Rebel - Canva


Pemberontakan Reddit Bukanlah Revolusi

Meski kelihatannya para investor ritel bisa bersama-sama berjuang di pasar modal, tapi menurut catatan The Wall Street Journal, hal itu dinilai bukanlah sebagai bentuk revolusi lho, Be-emers.

Meski lewat gerakan Reddit banyak investor ritel yang beralih ke GameStop, hal itu bisa dibilang enggak menjamin saham tersebut layak untuk dipertahankan.

Misalnya, kalau ada yang beli saham GameStop saat berada di puncaknya, maka kamu bisa kehilangan 73 persen di perdagangan 3 Februari 2021 lalu. Makanya, para investor pun tetap perlu waspada terhadap kondisi pasar atau saham yang sedang menjadi sorotan.

Sebenarnya, pertarungan memperebutkan GameStop hanya merupakan pertarungan antara berbagai bagian dari pendirian Wall Street. Sementara itu, firma perdagangan raksasa berkecepatan tinggi di belakang layar juga dinilai berhasil dengan baik sebagai hasil dari semua perdagangan ritel dan volatilitas.

Selama ini pun, para investor profesional jangka panjang dan pendek telah mengikuti sinyal dari pedagang ritel dan mencoba untuk menjadi yang terdepan.


Sadar atau enggak nih, semua euforia aktivitas investasi ini, dinilai The Wall Street Journal, bisa jadi menimbulkan optimisme jika dikaitkan dengan ekonomi yang lebih sehat. Namun, pasar saham dan harga aset dianggap telah membengkak dan memperkaya orang-orang tajir.

Baca Juga: Anomali Saham GameStop, Begini Lho Kronologinya

Sejauh ini sih, antusiasme terhadap saham GameStop justru dinilai enggak banyak membantu perusahaan itu sendiri. Meskipun, sebenarnya harga saham yang lebih tinggi bisa menjadi peluang untuk menjual lebih banyak saham dan mendapatkan sejumlah cuan untuk diinvestasikan kembali dalam bisnis perusahaan.

Menurut manajer hedge fund veteran Leon Cooperman, satu momen penting dari “pertempuran GameStop” yakni pasar hanya melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Banyak orang di Wall Street percaya ledakan perdagangan ritel telah dipicu oleh stimulus pandemi, yang mana memicu pembicaraan di WSB tentang bagaimana menggunakan "stimmy".

Adapun, sebelum heboh kabar saham GameStop, di sela-sela krisis tahun 2008, banyak orang yang mengabaikan pasar modal. Namun, keadaan itu berubah di tahun 2020, yang mana kebosanan karena lockdown, kegembiraan tentang teknologi baru, hingga perdagangan saham gratis telah menarik banyak orang ke pasar modal.

Di satu sisi, pasar dinilai bekerja cukup baik. Sehingga, orang mulai memperhatikan, serta mulai membicarakan dan bereksperimen dengan investasi.

Antusiasme itu jadi membantu kenaikan harga sejumlah saham. Bahkan, banyak investor menjadi lebih percaya diri dan banyak orang yang mulai memberi perhatian lebih pada pasar modal.

Kalau di bursa dalam negeri, kira-kira gerakan semacam komunitas Reddit ini ada enggak ya? Kalau ada, komen doong. Hihi