Dear Investor Pemula, Ini yang Perlu Kamu Lakukan saat Emiten Tebar Dividen

Money - Canva

Money - Canva

Pembagian dividen adalah salah satu hal yang paling dinanti-nanti nih sama para investor. Soalnya, di momen ini, para emiten bakal membagikan cuan dari hasil labanya kepada para pemilik sahamnya nih, Be-emers.

Nah, di awal tahun 2021 ini, sejumlah emiten dikabarkan bakal membagikan dividen. Misalnya kayak BBRI dan BBCA, diketahui dari Bisnis, yang tahun ini bakal bagi dividen dari sebagian perolehan labanya di tahun 2020 lho.

Ada juga nih, sejumlah emiten yang punya dividend yield tinggi dan tergabung dalam indeks IDX High Dividend 20 (IDX HIDIV20).

Baca Juga: Jadi Salah Satu Keuntungan Investasi, Yuk Kenali Dividen dan Jenis-jenisnya

Sayangnya, menurut Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani, dikutip dari Bisnis, emiten yang tergabung dalam IDX HIDIV20 justru diprediksi bakal mengalami penurunan yield (imbal hasil) nih, Hal itu terjadi seiring dengan menurunnya kinerja sejumlah emiten tersebut sepanjang 2020.

Meski begitu, prospek mereka dinilai masih cerah kok.

Di satu sisi, Hendriko menyarankan, sebaiknya para investor -terutama investor pemula- agar terlebih dahulu memperhatikan sejumlah hal sebelum mengincar dividen dari saham di IDX HIDIV20.

Baca Juga: Cuan dari Saham yang Royal Kasih Dividen
 

Perhatikan Kinerja dan Kebijakan Dividen dari Emiten

Pertama, investor harus bisa memperhatikan kinerja keuangan dari emiten tersebut. Apalagi di tengah ketidakpastian ekonomi saat pandemi Covid-19, kondisi keuangan emiten tentu saja bakal berimbas ke pembagian dividen.

Enggak cuma itu, kamu juga harus perhatikan kebijakan terkait pembagian dividen dari masing-masing emiten.

Soalnya, bisa saja emiten mengubah kebijakan seperti dividend policy. Misalnya, menurunkan dividend payout ratio.

Baik kebijakan maupun kinerja emiten bakal jadi penentu jumlah dividen yang bakal kamu terima nantinya sebagai investor lho. Bahkan, enggak menutup kemungkinan, suatu emiten bisa saja absen buat membagikan dividen karena ingin memperbaiki kinerja keuangannya.

Adapun, hal tersebut penting untuk kamu lakukan supaya kamu enggak cuma berpatokan sama kinerja masa lalu. Namun, kamu juga jadi bisa mempertimbangkan nilai emiten di masa depan.

Soalnya, ingat, potensi pertumbuhan keuangan emiten ke depannya juga bakal berpengaruh ke harga saham dan dividen nanti.

Jadi, sudah siap berburu cuan dividen dari saham emiten koleksi kamu, Be-emers?