Suka Bingung Menentukan Pilihan? Simak Tips Berikut

Choice - Canva

Choice - Canva

Like

Bagi sebagian orang, menentukan pilihan memang jadi perkara yang cukup sulit lho, Be-emers. Kamu salah satu orang yang gampang galau dalam menentukan pilihan enggak nih?

Kalau menurut psikolog dari University of California di Berkeley bernama Barry Schwartz, dikutip dari Bloomberg, meski beberapa pilihan itu baik, kesalahan kita adalah memikirkan lebih banyak dari itu selalu lebih baik.

Bahkan, ia mengatakan kalau memilih merupakan suatu tindakan yang sangat melemahkan diri secara kognitif. Bahkan, mungkin sebagian besar dari kita tidak menyadari jumlah keputusan yang sedang kita hadapi atau banyaknya pilihan yang ditawarkan.

Misalnya nih, saat kamu ke kedai kopi kekinian, ada banyak varian rasa, topping, dan ukuran gelas. Bahkan, kadang sang barista juga bakal menawarkan pilihan untuk menambah atau mengurangi es dan gula.
 

Risiko Punya Banyak Pilihan

Dalam wawancara dengan jurnalis Michael Lewis, Presiden Barack Obama mengatakan kalau dia enggak mengubah-ubah isi lemari pakaiannya dengan jas selain biru dan abu-abu.

Soalnya, Obama enggak mau buang-buang waktu dengan mencemaskan hal seperti, pilihan jas mana lagi yang akan ia kenakan. Bagi Obama, sebaiknya kita perlu untuk memfokuskan energi dalam pengambilan keputusan lho, Be-emers!


Di satu sisi, terlalu banyak pilihan dapat menyebabkan "kelelahan pengambilan keputusan". Hal tersebut bisa bikin kita memilih hal yang salah pada saat itu benar-benar penting nih.

Alhasil, itu bisa jadi masalah jika kita sedang bekerja mencoba membuat keputusan penting! 

Memang sih, beberapa penelitian menunjukkan, semakin sedikit pilihan justru membuat kita merasa seperti enggak bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Namun menurut penulis buku Modern Romance, Schwartz, kita sering kali tidak senang dengan keputusan kita.

Semakin lama kita menghabiskan waktu untuk meneliti berbagai opsi, semakin besar kemungkinan kita untuk merenungkan apa yang tidak kita pilih pada akhirnya.

Baca Juga: Jangan Sombong! Orang Kaya Sungguhan Enggak Beli Barang-Barang Ini
 

Tips Menentukan Pilihan

Memang sih, beberapa penelitian menunjukkan, semakin sedikit pilihan justru membuat kita merasa seperti enggak bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Namun menurut penulis buku Modern Romance, Schwartz, kita sering kali tidak senang dengan keputusan kita. Semakin lama kita menghabiskan waktu untuk meneliti berbagai opsi, semakin besar kemungkinan kita untuk merenungkan apa yang tidak kita pilih pada akhirnya.

Makanya, Schwartz punya sejumlah cara untuk menghindari kelelahan pengambilan keputusan, antara lain:
  • Kamu bisa memutuskan kapan harus memilih. Bedakan antara keputusan yang remeh dan penting.
  • Akui bahwa kamu harus mendisiplinkan diri sendiri karena pada kenyataannya dunia enggak akan mengurangi pilihan untuk kamu kok.
  • Lebih mengandalkan rekomendasi dari teman dan keluarga.
  • Jangan pernah mengklik tombol "tampilkan semua" saat berbelanja online.

Selain itu, Schwartz juga mengatakan, menjadi rutinitas adalah cara yang baik untuk membatasi pilihan. jadi, kalau ada sesuatu yang enggak bikin kamu bosan, tetaplah untuk melakukannya.

Baca Juga: Adu Harga Provider Internet Buat Streaming Netflix, Mana yang Paling Asyik?