Ganti Kartu ATM Lama dengan Chip Baru, Emang buat Apa sih?

Transaksi di Mesin ATM ( Sumber : Freepik )

Transaksi di Mesin ATM ( Sumber : Freepik )

Like

Perbankan di Indonesia kini sedang menghimbau para nasabahnya untuk mengganti kartu ATM lama mereka dengan kartu ATM yang baru. Agar seluruh nasabahnya melakukan penggantian, pihak bank akan melakukan pemblokiran pada kartu ATM lama secara bertahap.

Penggantian tersebut karena adanya upgrade pada alat penyimpan data pada kartu ATM. Kartu ATM lama menggunakan magnetic stripe sebagai alat penyimpan datanya, sedangkan pada versi terbaru kartu ATM menggunakan chip.

Baca Juga: Hati-Hati! Begini Modus Penipuan dan Pembobolan Rekening yang Perlu Kamu Ketahui
 

Lantas, kenapa ya diubah?

Ternyata, inisiator dari penggantian kartu ATM tersebut adalah pemerintah. Sejak 2015 lalu, pemerintah melalui Bank Indonesia sudah merencanakan untuk melakukan penggantian kartu ATM menjadi ber-chip.

Sesuai rencana awal, pemerintah menargetkan bahwa penggantian kartu ATM yang beredar di masyarakat akan rampung pada akhir 2021. Sehingga di awal 2022 semua masyarakat sudah memegang kartu terbaru yang ber-chip.

Namun, bagi anda yang jarang menggunakan kartu ATM dan lebih sering memanfaatkan layanan mobile banking, tentunya timbul pertanyaan seperti haruskah tetap mengganti kartu padahal jarang dipakai?


Agar tidak bingung, yuk simak alasan pentingnya mengganti kartu ATM menjadi ber-chip serta keuntungan dari kartu ATM ber-chip yang harus anda ketahui!
 

Kartu ATM Lama Rentan Terkena Kejahatan Skimming

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kartu ATM lama menggunakan magnetic stripe untuk menyimpan data. Ternyata, magnetic stripe tersebut rawan terkena modus kejahatan pencurian uang melalui skimming.

Apa sih Skimming Itu?

Skimming merupakan sebuah modus pencurian data di dalam kartu ATM baik kredit maupun debit dengan cara menyalin informasi melalui magnetic stripe

Pelaku skimming umumnya menggunakan alat khusus bernama skimmer yang diletakkan pada mulut kartu di mesin ATM untuk menyalin data kartu. 

Meski bukan kejahatan jenis baru, modus kejahatan ini terus ada dan beroperasi. Walaupun pengguna sudah berhati-hati, namun belum tentu bisa benar-benar menghindari terkena modus skimming mengingat bahwa alat skimmer yang semakin canggih juga.

Oleh karena itu, modus kejahatan ini sangatlah berbahaya. Para pelaku dapat membobol habis uang di ATM atau menyalahgunakan kartu kredit. Sehingga, meski anda jarang menggunakan kartu ATM, sebaiknya tetap meng-upgrade ke kartu ATM terbaru.

Baca Juga: 
Hindari Modus Pencurian OTP One Time Password!
 

Kelebihan Kartu ATM Chip

Anti Skimming. Kartu ATM terbaru yang menggunakan chip akan membuat anda terhindar dari modus skimming. Hal ini karena teknologi chip memiliki keunggulan dibandingkan magnetic stripe.

Teknologi chip memungkinkan untuk melakukan enkripsi pada data, yaitu data akan diacak dan diubah kedalam kode rahasia. Sehingga, pada kartu ATM chip data yang tersimpan di kartu akan lebih aman.

Terkoneksi Digital. Selain itu, kartu ATM chip ini akan mudah terkoneksi dengan pembayaran digital melalui debit online. Sehingga dengan kartu ATM chip bisa digunakan untuk transaksi online pada layanan yang menyediakan pembayaran sesuai kartu.
 

Tenggat Waktu Penggantian Kartu ATM lama

Nah, setelah tahu pentingnya mengganti kartu ATM lama, yuk catat tanggal akhir penggantian kartu di beberapa bank dibawah ini :
  • BCA : 31 Desember 2021
  • BNI : 30 April 2021
  • BRI : 30 September 2021
  • Mandiri : 
  1. expiry date 2021/2022 : 31 Maret 2021
  2. expiry date 2023/2025 : 31 Mei 2021
  3. expiry date 2026/2030 : 30 Juni 2021

Baca Juga: Pelajaran Finansial dari Film Thailand ATM: Er Rak Error