Reksa Dana Saham VS ETF: Mirip Tapi Beda, Mana yang Lebih Asyik untuk Investasi?

Reksa Dana Saham VS ETF Illustration - Canva

Reksa Dana Saham VS ETF Illustration - Canva

Like

Dari berbagai macam instrumen investasi, reksa dana saham dan ETF seringkali bikin orang bingung karena dinilai mirip dan sama-sama berkaitan erat sama saham. Terus mana nih yang kira-kira lebih asyik untuk jadi investasi kamu?

Reksa dana, dilansir dari laman Bursa Efek Indonesia, memang jadi salah satu alternatif investasi yang bisa dipilih, terutama untuk kamu yang merupakan investor dengan dana dan waktu yang terbatas.

Pada dasarnya, menurut BEI, reksa dana memang dirancang sebagai wadah untuk menghimpun dana dari investor yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi (MI).

Nah, reksa dana sendiri ada beragam lho jenisnya. Mulai dari reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, hingga reksa dana saham dan Exchange Traded Fund (ETF).

 

Reksa Dana Saham Illustration Bisnis Muda - Canva

Reksa Dana Saham Illustration - Canva

 

Apa Itu Reksa Dana Saham dan ETF?

Berbeda dari jenis reksa dana lainnya, reksa dana saham dan ETF memang sangat berkaitan dengan aset saham. Namun, keduanya cukup berbeda lho.


BEI menjelaskan, reksa dana saham atau Equity Funds merupakan reksa dana yang melakukan investasi setidaknya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat ekuitas atau saham.

Nah, karena investasinya pada saham, reksa dana saham dinilai punya risiko yang lebih tinggi dibanding reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang lho, Be-emers.

Makanya, investasi reksa dana saham cenderung cocok buat kamu yang punya rencana investasi dan tujuan keuangan jangka panjang. Orang yang berinvestasi di reksa dana saham bisa dibilang termasuk dalam kategori investor agresif.

Meski berisiko, imbal hasil dari reksa dana saham ini juga cukup tinggi dari reksa dana lainnya lho!

Lalu, gimana dengan ETF?

 

ETF Illustration Bisnis Muda - Canva

ETF Illustration  - Canva


ETF juga termasuk jenis reksa dana nih, Be-emers. Dilansir dari BEI, ETF merupakan reksa dana yang bentuknya Kontrak Investasi Kolektif dan unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek.

Beda saham reksa dana saham, produk ETF justru diperdagangkan kayak saham-saham yang ada di bursa nih. Bisa dibilang sih, ETF ini adalah gabungan antara unsur reksa dana dalam hal pengelolaan dana dengan mekanisme saham dari segi transaksi.

Baca Juga: Dinilai Punya Banyak Kelebihan, Apa Itu Reksa Dana ETF?


Masih ada lagi lho sejumlah faktor yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih reksa dana saham atau ETF sebagai investasi. Yuk, lanjut ke halaman berikutnya!