Kenalan Sama Creo Syndicate: Organisasi Rahasia yang Isinya Miliarder Peduli Perubahan Iklim

Like

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Investasi di Organisasi Non-Profit

Setiap anggota Creo Syndicate harus membayar iuran dan harus membuktikan bahwa mereka serius dengan merencanakan investasi pertamanya terhadap iklim dan keberlanjutan dalam enam bulan. Enggak hanya itu, mereka juga harus punya aset minimal US$100 juta dan disetujui oleh dewan lembaga nonprofit.

Meski merupakan organisasi non-profit dan enggak punya uang sendiri, tapi Creo Syndicate bertindak seperti bank investasi nih. Creo Syndicate diketahui memeriksa sekitar 300 kesepakatan per tahun, menghubungkan investor dengan calon mitra, hingga melakukan penelitian tentang teknologi!

Bahkan, para anggota telah berinvestasi dalam segala hal. Mulai dari baterai dan bahan bakar hidrogen, hingga lahan pertanian regeneratif dan pengemasan produk yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, setiap anggota Creo Syndicate harus membayar iuran dan harus membuktikan bahwa mereka serius dengan merencanakan investasi pertamanya terhadap iklim dan keberlanjutan dalam enam bulan. Terlebih, mereka juga harus punya aset minimal US$100 juta dan disetujui oleh dewan lembaga nonprofit.

 

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva




Adapun, portofolio investasinya mencakup teknologi yang masih belum terbukti, seperti metode penangkapan karbon dan reaktor fusi.

Di satu sisi, anggota Creo membuat berbagai macam taruhan yang mungkin membuat perbedaan dan tentunya menghasilkan uang. Régine Clément menyatakan, Creo Syndicate bukan filantropi, organisasi yang terbentuk sejak lima tahun yang lalu tersebut merupakan sebuah investasi.

Meski begitu, keluarga tajir, menurutnya, bakal dapat keuntungan dengan cara mengatur uang untuk generasi masa depan. Régine menilai, mereka yang tergabung di Creo Syndicate mampu menunggu satu dekade atau lebih agar investasinya membuahkan hasil lho!

Dalam kurun waktu empat tahun, keanggotaan Creo Syndicate juga telah meningkat hingga empat kali lipat lho! Bahkan, aset anggota serta afiliasinya telah meningkat delapan kali lipat, yang mana pada 2016 nilainya kurang dari US$100 miliar.

Creo telah mencoba untuk mendapatkan lebih banyak modal dengan menjelajah di luar keluarga kaya, yakni dengan menggaet investor institusional besar yang juga ingin memulai investasi iklim.

Salah satunya, yaitu bekerja sama dengan CDPQ, dana pensiun Quebec dengan aset $ 333 miliar, yang meluncurkan strategi investasi $ 500 juta seputar iklim dan keberlanjutan. Adapun, Bloomberg mencatat bahwa para anggota Creo telah melihat investasi mereka sudah terbayar.