Ini Deretan 5 Keluarga Terkaya di Indonesia, Siapa Aja Ya?

Sumber: Unsplash

Sumber: Unsplash

Like

Siapa sih yang enggak mau jadi kaya raya? Semua orang mendambakan hidup serba berkecukupan, bisa membeli apa saja yang diinginkan menjadi sebuah gambaran hidup menjadi keluarga yang kaya raya.

Atau, kalau sedang capek bekerja, pasti rasanya ingin punya keluarga kaya raya saja supaya tidak perlu kerja lagi. Namun, kenyataannya hidup tidak seperti itu.

Kita masih harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri maupun keluarga. Sehingga, keluarga kita kelak seperti keluarga kaya raya di bawah ini.

Baca Juga: 15 Konglomerat Indonesia Masuk dalam Daftar Orang Terkaya Dunia 2021 Forbes
 

1. Keluarga Hartono

Dua bersaudara Robert dan Michael Hartono tetap bertahan menjadi orang terkaya se-Indonesia versi Forbes selama beberapa tahun kebelakang hingga tahun ini.

Mereka punya beberapa sumber kekayaan seperti investasi mereka di Bank Central Asia (BCA), juga berasal dari bisnis rokok Djarum yang sebelumnya dimiliki oleh ayah mereka, Oei Wie Gwan yang meninggal pada 1963. 


Total harta kekayaan dua bersaudara in mencapai Rp523.09 triliun. Dengan kekayaan tersebut, Robert Budi Hartono menempati urutan ke-97 sebagai orang terkaya sedunia.

Sedangkan Michael Bambang Hartono menempati urutan ke-102 sebagai orang terkaya sedunia. keluarga ini sempat dinobatkan sebagai keluarga terkaya se-Asia pada tahun 2017 versi Forbes. Luar biasa ya!

 

2. Keluarga Lohia

Dilansir dari Forbes, Sri Prakash Lohia adakah orang terkaya Indonesia keempat dengan harta kekayaan sebanyak 6,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 96,214 triliun. Ia menempati urutan ke 4 sebagai orang terkaya se-indonesia versi Forbes 2021.

Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal. Sekarang perusahaan tersebut menghasilkan banyak kekayaan dengan memproduksi PET dan petrokimia lainnya. 

Lohia tetap menjadi ketua dalam perusahaannya. Putranya Amit menjabat sebagai wakil ketua. Sementara adik laki-lakinya, Aloke Lohia, juga seorang miliarder, tinggal di Thailand, di mana ia menjalankan pembuat polimer PET Indorama Ventures Public Co.

 

3. Keluarga salim

Keluarga konglomerat ini punya perusahaan yang produknya lekat sekali dengan masyarakat indonesia dan digunakan sehari hari. Anthoni salim yang saat ini memimpin Salim Group memiliki gurita bisnis yang dikenal di indonesia seperti Indofood, Indomaret, Sari Roti, dan lain lain.

Berdasarkan catatan Forbes, harta kekayaan Anthony Salim dan keluarga mencapai hingga 5,9 miliar dolar AS atau hampir Rp85 triliun dan sempat menempati urutan ke 4 orang terkaya se-indonesia versi Forbes 2020.

Anthoni Salim memiliki lebih dari 50 persen saham Indofood. Anthoni Salim juga merupakan kepala dari Salim Group. Perusahaan ini didirikan oleh ayahnya, Sudono Salim pada tahun 1972. Dewasa ini, perusahaan Indofood tidak lagi diurus secara langsung oleh Antony, melainkan dibantu oleh sang anak, Axton Salim.

Cek Juga: Fakta Axton Salim Seorang Taipan Sekaligus Influencer
 

4. Tahir dan Keluarga

Tahir dan keluarga masuk dalam urutan ke-961 daftar orang terkaya di dunia. Usaha yang dijalani Tahir di bawah bendera Mayapada Group meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak atau duty free shopping (DFS).

Menurut laporan Forbes, pemilik Grup Mayapada ini menjadi orang terkaya Indonesia nomor 6 dengan harta kekayaannya mencapai 3,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 48,1 triliun

 

5. Mocthtar Riady dan Keluarga 

Berdasarkan catatan Forbes, Mocthtar Riady dan keluarga masuk dalam urutan ke-1864 dari daftar orang terkaya di dunia. Ia menjadi orang terkaya Indonesia ke-12 versi Forbes 2021 dengan harta kekayaan yang dimiliki mencapai 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 24,782 triliun

Sebelum dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses, Mochtar Riady, pendiri dan Chairman Lippo Group dikenal sebagai bankir kawakan. Di tangannya, empat bank bertransformasi menjadi bank besar. Mochtar Riady jadi orang di balik kesuksesan Bank Buana yang kini menjadi Bank UOB Indonesia, Bank Panin, Bank BCA, dan CIMB Niaga. 

Baca Juga: Jadi Salah Satu Pengusaha Terkaya di Amerika, Ini Rahasia Mark Cuban