Saingi Clubhouse, Ini yang Bakal Dilakukan Facebook

Facebook Saingi Clubhouse Illustration Web Bisnis Muda

Facebook Saingi Clubhouse Illustration Web Bisnis Muda


Fenomena Clubhouse memang bikin heboh para pengguna media sosial. Terobosan berupa konten diskusi eksklusif dalam audio yang jadi andalan Clubhouse rupanya bikin sejumlah platform medsos lainnya ingin membuat hal serupa, termasuk Facebook!

Bahkan, dilansir Vox, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengumumkan serangkaian produk audio. Produk tersebut notabene bakal jadi pesaing Clubhouse dan bakal mendorong konten podcast.

Produk audio mlik Facebook tersebut bakal diluncurkan dalam beberapa minggu dan bulan ke depan lho! Soalnya, pihak Facebook menyatakan ingin sekali mengajak para penggunanya untuk mulai berbicara, dan mendengarkan di Facebook.

Baca Juga: Twitter Diskusikan untuk Ambil Alih Clubhouse Senilai US$ 4 Miliar?

Vox mencatat, sejumlah rencana Facebook terkait konten audio, antara lain:
  • Room yang berisi audi saja
  • Produk mirip Clubhouse yang memungkinkan sekelompok orang mendengarkan dan berinteraksi dengan pembicara di "panggung" virtual
  • Produk yang memungkinkan pengguna Facebook merekam pesan suara singkat dan mempostingnya di feed Facebook. 
  • Produk “discovery podcast” yang akan dihubungkan dengan Spotify.

Pihak Vox menilai, Room yang hanya berisi audio tersebut merupakan produk yang paling mungkin untuk langsung tayang. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa produk audio Facebook lain mungkin enggak muncul dalam waktu dekat ini.


Sementara itu, Mark Zuckerberg telah menunjukkan ketertarikannya pada Clubhouse, yang diluncurkan pada awal pandemi dan menikmati pertumbuhan pesat belakangan ini. Bahkan, Mark sempat muncul di beberapa obrolan di Clubhouse, termasuk satu obrolan dengan CEO Spotify Daniel Ek.

Di sisi lain, Clubhouse baru saja mengumumkan putaran pendanaan baru yang memberi nilai perusahaan sebesar US$ 4 miliar, hanya beberapa bulan setelah mengumumkan putaran pendanaan sebelumnya yang bernilai US$1 miliar!

Meski begitu, sejumlah pengamat berspekulasi bahwa Clubhouse, yang menampilkan obrolan singkat dan real-time di depan penonton, justru pesimis dengan peningkatan unduhan Clubhouse. Pihak Clubhouse pun hingga kini belum memperbaharui total penggunanya sejak Februari lalu, yang mana terakhir berjumlah 10 juta pengguna.

Baca Juga: Social Media Baru Clubhouse, Apa yang Membuatnya Viral?