Banyak Investor Aset Kripto Justru Merasa Tertekan, Ini Pemicunya

Tekanan Aset Kripto ke Investor Illustration Web Bisnis Muda  - Canva

Tekanan Aset Kripto ke Investor Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Dunia kripto memang sedang dalam masa kejayaan seiring banyaknya sorotan terhadap aset digital tersebut. Di sisi lain, aset kripto juga ternyata memberikan tekanan ke para investor lho.

Di balik harganya yang cenderung terus memecahkan rekor baru, aset kripto juga punya banyak kelemahan.

Beberapa kelemahan dari cryptocurrency yang cukup terkenal, antara lain:
  • Volatilitas
  • Potensi pencurian atau Peretasan
  • Kemungkinan perubahan regulasi

Bahkan, ternyata aset kripto juga enggak bisa membantu kehidupan sosial para investor. Dilansir Bloomberg, sekitar 60 persen investor crypto mengatakan kepercayaan atau investasi mereka di dunia kripto punya dampak negatif pada hubungan pribadi mereka.

Baca Juga: Ternyata, Ini Lho Alasan Dogecoin Jadi Meme Stock di Dunia Cryptocurrency

 

Tekanan Aset Kripto ke Investor Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Tekanan Aset Kripto ke Investor Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Tekanan Kripto Berpengaruh ke Hubungan Pribadi

Berdasarkan data SurveyMonkey, ada korelasi langsung antara persentase kekayaan bersih seseorang yang diinvestasikan dalam mata uang kripto. Nah, dari situ, ada kemungkinan para investor mengatakan bahwa hubungan pribadi mereka telah terpengaruh secara negatif lho!


Analis Pasar di Oanda Asia-Pacific Pte bernama Jeffrey Halley mengatakan, tekanan pada hubungan bisa datang dari sejumlah hal. Misalnya nih, satu orang dalam suatu hubungan berinvestasi kripto.

Nah, ketika pasangan mereka adalah seorang yang enggak percaya investasi kripto, hal itu bisa jadi tekanan tersendiri. Apalagi saat kripto memiliki perubahan nilai yang begitu besar, uang dan keserakahan dapat merusak hubungan pasangan.

Meski begitu, kadang kripto juga bisa meningkatkan hubungan sosial lho! Hal itu terjadi ketika Vignesh Sundaresan mendapatkan ketenaran di seluruh dunia saat ia membeli karya seni Beeple “Everydays: the First 5,000 Days” dengan rekor seni digital sebesar US$ 69,3 juta.

Sundaresan mengatakan, dilansir Bloomberg, orang tuanya sangat senang. Bahkan, teman-temannya optimis tentang investasi mereka sendiri ketika melihat kesuksesan Sundaresan di aset kripto.

Adapun, kripto telah menikmati tahun blockbuster. Tercatat, Bitcoin naik lebih dari enam kali lipat dalam 12 bulan terakhir dan Ether melonjak 11 kali lipat.

Baca Juga: Susul Negara Lain, Turki Resmi Melarang Pembayaran Pakai Kripto