Garudafood (GOOD): dari Buyback, Stock Split, Hingga Tebar Dividen

Garudafood Bakal Buyback, Stock Split, dan Bagi Dividen Illustration Web Bisnis Muda - Image: Garudafood

Garudafood Bakal Buyback, Stock Split, dan Bagi Dividen Illustration Web Bisnis Muda - Image: Garudafood

Like



Emiten konsumer Garudafood (GOOD) dikabarkan bakal banyak melakukan aksi korporasi nih, Be-emers. GOOD rencananya akan melakukan buyback, Stock Split, hingga bagi-bagi dividen lho!

Dikutip dari Harian Bisnis Indonesia, GOOD akan memecah harga saham (stock split) dan buyback untuk meningkatkan likuiditas harga sahamnya di bursa. Hal itu pun sudah direstui para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Rabu (16/6) lalu.

Rasio Stock Split saham GOOD pun yakni 1:5. Dengan rasio tersebut, dikutip Bisnis, saham GOOD kemungkinan bakal diperdagangkan di level Rp360 setelah Stock Split.

Sementara itu, GOOD juga mengalokasi dana untuk buyback saham sebesar Rp50 miliar. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya nih. Periode buyback yang dilakukan GOOD yakni bertahap paling lama 18 bulan sejak rencana yang disetujui RUPST.


Baca Juga: Resmi IPO di Bursa Filipina, Ini Fakta Menarik Soal Monde Nissin

 

Garudafood Bakal Buyback, Stock Split, dan Bagi Dividen Illustration Web Bisnis Muda - Image: Bisnis.com

Garudafood Bakal Buyback, Stock Split, dan Bagi Dividen Illustration Web Bisnis Muda
- Image: Bisnis.com

 

Bagi-Bagi Dividen

Enggak cukup sampai di situ, GOOD juga telah sepakat untuk bagi-bagi dividen tunai berdasarkan perolehan labanya di tahun 2020 lho, Be-emers. Diketahui, GOOD bakal membagikan 50,85 persen dari total laba bersihnya di tahun 2020! 

Berdasarkan laporan keuangannya, di sepanjang 2020, laba bersih GOOD tercatat sebesar Rp245,10 miliar, sedangkan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yakni sebesar Rp259,41 miliar.

Dengan begitu, GOOD bakal bagi-bagi dividen tunai sebesar Rp131,92 miliar atau setara Rp18 per saham. Dilansir Bisnis, selain alokasi laba untuk dividen, Garudafood juga menyisihkan Rp2 miliar untuk cadangan wajib dan Rp125,48 miliar untuk cadangan umum.

Adapun, diketahui dari data selama sebulan terakhir, saham GOOD bergerak cukup positif dengan naik 10,43 persen lho!

Siapa nih yang koleksi saham GOOD?

Buat kamu yang punya cerita atau ingin berbagi pengalaman seputar investasi, bisnis, keuangan, hingga lifestyle, share tulisan kamu sekarang yuk di Bisnis Muda!