Warren Buffett Resign Dari Gates Foundation, Ada Apa?

Warren Buffett Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Warren Buffett Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

Berita mengejutkan datang dari Warren Buffett nih, Be-emers. Ia memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai wali dari Bill and Melinda Gates Foundation.

Di yayasan tempat ia menyumbangkan dananya, ia menyebutkan bahwa ia sudah tidak aktif lagi menjadi wali selama bertahun-tahun. Ia mundur dari jabatan tersebut sebagaimana seperti yang ia lakukan di semua dewan perusahaan lainnya kecuali Berkshire.

Pernyataan itu dibuat sehubungan dengan kontribusi tahunannya atas saham Berkshire Hathaway kepada lima yayasan. 

The New York Times melaporkan bahwa Buffett, yang juga merupakan teman dekat dan mitra penghubung dari pendiri Microsoft, Bill Gates, selama beberapa dekade, tidak memberikan alasan atas keputusannya untuk menghentikan perannya sebagai wali.

Buffett yang berusia 90 tahun memberikan $30,1 miliar kepada yayasan tersebut pada tahun 2006 dan, menurut Times, dia telah menyumbangkan $4 miliar lagi setelahnya.


Baca Juga: Begini Kata Warren Buffett Soal Kesalahannya di Berkshire Hathaway, Hingga Investasi Saham Teknologi

Sementara itu, Buffett mungkin memilih untuk tidak menjelaskan alasan dari keputusannya tersebut. Banyak pihak yang berspekulasi bahwa keputusan tersebut ada hubungannya dengan sejumlah pukulan terhadap reputasi Bill Gates dalam beberapa tahun terakhir, termasuk perceraiannya yang akan datang dari istrinya Melinda, yang dikabarkan karena ia berselingkuh dengan seorang karyawan Microsoft sekitar tahun 2000.

Selain hal tersebut, reputasi Bill Gates juga dipertanyakan sehubungan dengan berita tentang kebiasaannya selama bertahun-tahun bersosialisasi dengan pedofil miliarder terkenal, Jeffrey Epstein (termasuk di kediaman yang terakhir) bertentangan dengan keinginannya. Gates mengundurkan diri dari dewan Berkshire Hathaway pada tahun 2000, meskipun ia berusaha keras untuk mempertahankan persahabatannya dengan Buffett agar tidak berakhir.

Warren Buffett telah menjabat sebagai wali dari yayasan Gates Foundation sejak tahun 2006. Yayasan tersebut merupakan salah satu dari lima penerima manfaat yang diberikan Buffett. Ia juga mengatakan bahwa ia sudah menempuh setengah jalan dalam mendistribusikan semua saham Berkshire dan 99 persen dari kekayaan bersihnya untuk tujuan filantropi.

Buffett, seperti yang dicatat oleh Times, telah melihat citranya sendiri terpukul baru-baru ini. ProPublica baru-baru ini menerbitkan kebocoran dokumen Internal Revenue Service yang menunjukkan bahwa meskipun ada keuntungan sebesar $24,3 miliar dalam kekayaan bersih Buffett selama tahun 2014 hingga 2018, ia mampu meluncur dengan membayar pajak hanya $23,7 juta.

Dalam pernyataannya kepada surat kabar itu, Buffett mengklaim bahwa dia memiliki pendapatan relatif sedikit karena sebagian besar kekayaannya ada di kepemilikan Berkshire Hathaway dan bahwa dia hanya menghemat 40 sen dalam bentuk pajak untuk setiap $1.000 yang dia sumbangkan.

Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Terkaya di Amerika Menghindari Pajak Penghasilan?