Atur UANG Biar Enggak Boncos Kawan!

Pentingnya Mengelola Keuangan - Canva

Pentingnya Mengelola Keuangan - Canva

Like

Jalan kaki sampai ke Padang tidak lupa membeli rendang, Salam hangat sobat cuan semoga kita tetap aman.

Pernah tidak uang sobat cuan tiba-tiba hilang secara tidak sadar dan apakah itu hal yang mistis? belum tentu sobat.

Tanpa kita sadari, banyak hal-hal yang membuat uang kita hilang seperti adanya flash sale dan diskon yang membuat dompet kita jadi ikut terkapar. Tentu, itu adalah masalah kita semua.

Cari uang itu susah tapi soal menghabiskannya itu mudah. Musuh paling berbahaya yaitu saat aplikasi mbanking dan e-commerce berada dalam suatu tempat yang sama dan akan menghasilkan tipu daya.

Bayangkan tanpa sadar setiap habis gajian atau uang yang kita kumpulin habis untuk shopping, top up, nongkrong, dll. Godaan itu semua memang sangat susah dihindari, dan cara mengatasinya bukan dengan menghindarinya tapi dengan cara:
 

1.  Buat Anggaran, Awal Dari Penyelesaian

Anggaran adalah sebuah rencana bagi kita sobat cuan untuk mengatur dan melihat kemana saja uang kita keluar. Penting bagi kita untuk memulai penyelesaian masalah dalam keuangan dengan anggaran (budgeting), kita bisa membuat anggaran dengan menggunakan metode 3 POS (50%, 30%, 20%) oleh Alexa von Tobel CEO of LearnVest.


*Sebenarnya masih banyak metode dalam anggaran, tapi dalam kasus ini kita menggunakan metode 3 POS.

3 POS Alokasi

3 Pos Alokasi


3 Pos tersebut yaitu (50% kebutuhan, 30% foya-foya, dan 20% investasi), 50% kebutuhan mencangkup makan, biaya listrik, pulsa, dll. 30% bisa kita gunakan untuk shopping, nongkrong, dan topup karena adanya anggaran tersebut sebenarnya kita semua sobat cuan tidak usah takut untuk foya-foya selagi masih dalam cangkupan anggaran kita.

Dan yang paling penting 20% pastinya kita gunakan untuk investasi sehingga bisa menambah cuan dimasa depan. Investasi bisa berupa reksa dana, emas, surat utang negara, saham, dll. Tetap jangan pernah lupakan investasi ya sobat cuan.

Kita buat contoh mahasiswa dengan uang saku perbulan 1 juta dan kita buat menjadi 3 pos 50%, 30%, 20%. Untuk 50% (Rp. 500.000) digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% (Rp. 300.000) buat foya-foya sama temen, dan 20% (Rp. 200.000) buat investasi tentunya, Kita tidak boleh melupakan tentang investasi jika ingin mendapat cuan maksimal.
 

2.  Belanjakan LANGSUNG Uang Sobat Cuan Untuk Investasi

Tunggu, pasti disini semua sobat cuan merasa sulit untuk berinvestasi padahal sudah membuat anggaran, ada tips untuk sobat cuan biar uang kita buat investasi tidak terpakai untuk kebutuhan lain.

Dengan cara prioritas atau memprioritaskan investasi diatas kebutuhan, jadi saat sobat cuan menerima uang atau gaji kita bisa langsung menggunakanya untuk investasi. Prinsipnya jangan tunggu uang sisa buat investasi tapi langsung gunakan uangnya buat investasi, dengan begitu investasi sobat cuan bisa konsisten.

Dengan anggaran yang sudah kita buat tadi untuk investasi 20% bisa kita prioritaskan menjadi yang utama. Dengan urutan investasi > kebutuhan > foya-foya, jadi saat kita menerima uang gaji atau uang bulanan bisa langung kita belikan yang pertama untuk investasi.

Selanjutnya, bisa kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari dan untuk foya-foya paling terakhir setelah investasi dan kebutuhan terpenuhi. Jika kita semua sobat cuan menerapkan prinsip prioritas ini investasi sobat cuan tidak akan terganggu dan terus dapat cuan pastinya.
 

3.  Gunakan Uang Kaget Untuk Menambah Aset

Apa sih uang kaget itu? Pasti kita pernah dapat uang tiba-tiba dari angpao, uang lebaran, atau mungkin menang undian. Nah, sobat cuan jangan langsung dibuat untuk foya-foya semua, lebih baik kita gunakan untuk investasi, kita memperkerjakan uang kita untuk cari uang.

Kita bisa pakai 50% uang kaget tersebut untuk investasi, contohnya kita mendapatkan uang 1 juta dari angpao atau uang lebaran. Sobat cuan bisa menggunakan Rp.500.000 buat investasi seperti saham, reksa dana, emas, dll. Cara tersebut bisa membuat uang kita beternak uang lagi sobat cuan.

Untuk sisanya 50% yaitu Rp. 500.000 bisa kita gunakan untuk foya-foya atau self reward, tapi alangkah baiknya jika tidak terlalu foya-foya dan lebih baik kita buat untuk investasi lagi.


Nah itu tadi sobat cuan sedikit tips untuk kita semua para pencari cuan maksimal.
Sebanyak-banyaknya kita menghasilkan uang tapi kalau tidak bisa mengaturnya sama saja membohongi kerja keras kita.

Rangkuman:

Pertama anggaran itu hal yang paling mendasar dalam mengelola keuangan, kedua jika kita mendapat gaji atau uang bulanan lebih baik kita langsung belanjakan untuk investasi sesuai porsi yang sudah dibuat. Dan yang ketiga gunakan uang kaget untuk investasi, jangan digunakan semua untuk hal yang konsumtif.


Dengan sedikit tips tadi, kita bisa sedikit terbuka tentang literasi keuangan agar mendapatkan cuan yang maksimal.

Pergi ke pasar membeli ikan, tidak lupa pula membeli udang. Sampai jumpa sobat cuan, dan tetap jaga selalu kesehatan.

#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #yangmudayangcuan