Mengelola Keuangan Bagi Seorang Freelancer Agar Tetap Cuan

Mengelola Keuangan Bagi Seorang Freelancer Agar Tetap Cuan (Sumber foto dan design Canva)

Mengelola Keuangan Bagi Seorang Freelancer Agar Tetap Cuan (Sumber foto dan design Canva)

Like

Siapa yang tidak mau punya cuan lebih agar keuangan aman terkendali? Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus siap dengan segala kemungkinannya.

Memiliki penghasilan rutin setiap bulan memang sangat baik. Namun, jika tidak dikelola dengan benar maka tak jarang bikin kepala pusing.

Terbiasa dengan penghasilan yang tak menentu karena saya seorang freelancer. Sejak adanya pandemi ini, saya termasuk salah satu yang terdampak, maka saya berpikir harus segera berbuat sesuatu agar uang simpanan tidak habis begitu saja untuk menghidupi selama masa pandemi ini.

Selama ini yang saya lakukan adalah mengelola keuangan dengan cara memisahkannya sesuai kebutuhan dan membaginya untuk disimpan. Tak lupa juga, menyiapkan dana darurat untuk jaga-jaga jika ada apa-apa. Benar saja, pandemi sudah hampir 2 tahun maka dana darurat saya sudah terpakai.

Melihat kondisi tersebut, saya jadi semakin mantap untuk memaksimalkan cuan dengan mengelolanya pada investasi yang tepat.
 

Mengelola Keuangan Bagi Seorang Freelancer Agar Cuan

Setelah belajar sana-sini akhirnya belakangan ini saya mulai terbiasa membagi penghasilan saya dengan memasukan item investasi di dalamnya. Utamakan dulu kebutuhan primer pastinya kemudian usahakan ada bagian untuk investasi.


Bagi pemasukan diawal. Setelah mendapat honor, saya langsung membaginya berdasarkan pos-posnya. Tapi yang terpenting saya sudah punya catatan pengeluaran tetap setiap bulannya. Jika ada pengeluaran lebih saya sudah bisa tahu seberapa besar. Nah, untuk itu sekarang saya mulai membiasakan diri menyisihkan untuk investasi setelah dana darurat.

Perbanyak informasi tentang cara mengelola keuangan yang tepat. Sejak menjadi freelancer saya banyak belajar bagaimana cara mengelola keuangan saya agar tidak morat marit. Akhirnya saya menemukan cara yang tepat dan sesuai untuk saya. Nah tugas saya sekarang adalah bagaimana caranya memaksimalkan mengelola keuangan saya agar tetap jadi cuan dengan memulai investasi.

Pilih investasi yang sesuai. Pilihlah investasi berdasarkan kemampuan kita. Tidak perlu tergiur karena teman ada yang berhasil di suatu investasi. Apalagi, tergiur dengan janji-janji dari investasi tersebut. Sebelum akhirnya memutuskan memilih, jangan ragu jangan sungkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin dari siapa saja, dari mana saja.

Kripto atau yang orang lebih kenal dengan bitcoin padahal bitcoin merupakan bagian dari kripto ini mungkin bisa dijadikan salah satu investasi yang bisa dilakukan. Saya pun tertarik untuk belajar lebih jauh apa dan bagaimana model investasinya.

Kripto (Cryptocurrency) adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Terdapat sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini. Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak sebagai perantara ketika transaksi. Pembayaran langsung dari pengirim ke penerima atau peer to peer.

Kripto sudah ada sejak lama, namun baru dikenal dalam 10 tahun terakhir ini dengan banyak orang yang menggunakannya sebagai investasi mengelola keuangannya agar lebih cuan. Saya pun tertarik. Saya tanya sana sini dan kebetulan beberapa kawan dekat telah lebih dulu berinvestasi kripto jadi setidaknya sudah ada gambaran mengenai investasi ini.

Kelebihan dari kripto diantaranya potensi kenaikan harga tinggi di masa mendatang, proses pembayaran mata uang digital berlangsung mudah tanpa perantara, menghindari pemalsuan uang dengan sistem blockchain tidak mungkin double counting, dan keamanan data pribadi. Tentu ada resiko dari kripto, namun kita bisa meminimalisir dengan bijak mengelolanya.

Cryptocurrency salah satu instrumen masa depan. Kenapa dikatakan masa depan? Seorang financial consultant, Andhika Diskartes mengatakan bahwa tidak ada satupun instrumen yang bikin cepat kaya. Konsep ingin cepat kaya malah akan membuatmu cepat miskin.

Saya setuju, karena ekspetasi tinggi maka cenderung akan kurang hati-hati dan bijaksana dalam hal apapun. Apalagi ini urusan cuan, benar-benar harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan karena melihat keberhasilan seseorang investasi kripto, kita jadi tergiur buru-buru tanpa belajar lebih dalam.

Saat ini untuk berinvestasi kripto sudah semakin mudah dengan adanya Tokocrypto yang bisa diunduh di smartphone kita. Tokocrypto merupakan bitcoin regulated trading plaform yang akan memudahkan kita untuk berinvestasi berbasis teknologi. Ekosistem yang sudah terbentuk dalam Tokocrypto merupakan sistem layanan terintegrasi yang akan mempermudah investasi bitcoin dan aset kripto.

 

Tokocrypto - Image: Tokocrypto

Tokocrypto - Image: Tokocrypto


Melalui Tokocrypto kita akan mudah berinvestasi, cepat dalam proses transaksi yang sudah terancang, dan aman menjaga kerahasiaan.

 

Bagaimana Menjadi Pengguna Tokocrypto dengan Mudah?

Kita bisa segera mulai investasi dan bisa trading dimana saja dengan Tokocrypto. Kecanggihan teknologi membuat investasi dalam genggaman saja. Nah, bagaimana menjadi pengguna Tokocrypto?

Download Aplikasi Tokocrypto di Google Play Store

Kita harus mengunduh aplikasi Tokocrypto di Google Play Store dan membuat akun. Dalam membuat akun harus mengisi data diri dengan benar. Kemudian masuk ke proses verifikasi. Setelah akun terverifikasi maka kita sudah bisa menggunakannya untuk jual beli aset kripto.

Kita juga bisa melakukan withdrawal atau penarikan dengan mudah dan cepat. Bisa dalam bentuk rupiah atau kripto. Syaratnya harus terverifikasi sebagai KYC level 1. Semua panduannya ada di channel Youtubenya dan kita bisa kontak adminnya jika mengalami kesulitan.

 

Youtube Tokocrypto - Image: Tokocrypto

Youtube Tokocrypto - Image: Tokocrypto



Kita bisa mulai dari jual beli yang kecil-kecil dulu aja, tidak perlu buru-buru. Meskipun mungkin punya modal lebih, tapi sebaiknya kita kontrol agar tidak terjerumus nantinya.

Oya, bagi saya, investasi kripto ini seperti bermain feeling. Kapan saatnya kita beli, kapan saatnya kita jual.

Jangan lupa untuk terus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari investasi ini. Tidak ada salahnya kita mengikuti seminar-seminar tentang investasi yang saat ini banyak diselenggarakan termasuk tentang kripto. Lebih jauhnya lagi, kita bisa menggunakan jasa konsultan keuangan untuk membantu mengelola keuangan kita.

Saat ini, sudah dengan mudah kita mengakses informasi terkait beragamnya investasi ini. Bisa kita pelajari satu per satu sebelum akhirnya memutuskan. Apalagi sekarang semua serba digital, semakin memudahkan kita mengakses informasi apa aja yang kita perlukan.

Meskipun teknologi memudahkan hampir semua kebutuhan kita, namun kita harus tetap bijak memilih mana yang sesuai dengan kita. Apalagi soal investasi. Investasi ini seperti memilih pasangan, harus sesuai, harus cocok, dan punya komitmen.

Setuju banget dengan statement jangan buru-buru kalau investasi, jangan beranggapan ingin cepat kaya dari investasi. Tidak ada yang instan. Harus sabar, bijak, dan terus belajar memperdalam cara-caranya agar tidak salah langkah atau malah justru menimbulkan kerugian. Sedih kan kalau sudah berinvestasi niatnya untuk memaksimalkan cuan eh malah kehilangan.

Jadi, dengan bijak mengelola keuangan, profesi apa aja bisa tetap cuan dengan cara mengelola keuangannya dengan benar. Tapi lepas dari semua itu, jangan lupa membuat dirimu sendiri bahagia yaa. Mengelola keuanganmu dengan bahagia akan membuat lebih cuan. Intinya jangan menyiksa diri sendiri cuma hanya karena ingin berinvestasi agar jadi cuan.

Semangat ya untuk selalu mengelola keuangan teman-teman. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus benar-benar jeli untuk mengaturnya. Semoga teman-teman bisa menemukan jenis investasi yang tepat ya, siapa tahu kripto bisa menjadi salah satu instrumen yang tepat untuk teman-teman investasi. Selamat berinvestasi. Sehat selalu yaa :)



#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #yangmudayangcuan