Kamu Pebisnis? Wajib Tahu Keuntungan Menggunakan Aplikasi Inventaris

Aplikasi inventaris (Sumber gambar: kompas.com)

Aplikasi inventaris (Sumber gambar: kompas.com)

Like

Inventory merupakan sistem manajemen yang menyeimbangkan antara pelayanan pelanggan dengan investasi persediaan. Dan ini merupakan bagian dari Enterprise Resource Planning atau ERP. 

Maka dari itu, penting bagi setiap manajemen perusahaan untuk menyusun strategi manajemen persediaan dalam menekan biaya pengeluaran. 

Dalam hal inventaris kantor, memang suatu perusahaan dapat mengurangi biaya dengan cara mengurangi persediaan. Akan tetapi, pelanggan juga akan kecewa jika persediaan habis atau kosong. 

Maka dari itu, solusinya adalah melalui penggunaan sistem inventaris.

Namun, masih banyak perusahaan yang mengalami permasalahan terkait persediaan aplikasi inventaris yang dibutuhkan. Hal ini agar proses dalam pencatatan barang dan ketersediaan barang dapat dikelola dengan baik. 


Aplikasi inventaris atau aplikasi inventory adalah sebuah program yang telah dirancang agar perusahaan dapat mengelola pengeluarannya secara teratur dan efisien.

Lalu, apa itu inventory

Inventory adalah persediaan barang. Dalam hal ini, persediaan barang biasa disebut sebagai persediaan yang disimpan untuk dijual kepada para pelanggan dan untuk persediaan yang disimpan digunakan untuk kepentingan perusahaan itu sendiri.

Dengan begitu, manajemen persediaan sangat penting untuk dibuat sebaik-baiknya. Dengan menggunakan Warehouse Management System atau WMS pengaturan penyimpanan di gudang juga bisa dilakukan dengan secara sistematis. 

Sangat tidak disarankan bagi para pelaku bisnis yang masih menggunakan sistem manual dengan menggunakan kartu stok atau buku laporan.

Baca Juga: Aplikasi yang Memudahkan Owner Small Business Kelola Instagram