Banyak Orang Tidak Tahu, Ini Manfaat Tak Terduga dari Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi (Sumber gambar: hellosehat.com)

Manfaat daun kemangi (Sumber gambar: hellosehat.com)

Like

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang daunnya bisa digunakan dalam masakan atau lalapan. Kemangi diketahui bisa menghasilkan biji hitam yang biasa orang sebut selasih.

Batangnya tumbuh setinggi 1 hingga 10 kaki dan bercabang persegi. Banyak orang yang belum tahu akan khasiat dari konsumsi daun kemangi.

Berikut dilansir dari grid.id, manfaat mengonsumsi daun kemangi diantaranya:


Dapat Mencegah Diare 
Dari beberapa penelitian mengemukakan bahwa kemangi memiliki efek anti-bakteri. Komponen fitokimia pada daun kemangi dapat melawan infeksi akibat Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan diare. 


Menambahkan beberapa daun kemangi pada masakan atau dijadikan sebagai lalapan dapat membantu mencegah atau bahkan menyembuhkan tubuh dari diare.

Mengurangi Peradangan 
Stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh bisa mengakibatkan terjadinya peradangan. Peradangan apabila terjadi pada organ vital tentu akan sangat berbahaya. 

Daun kemangi mengandung sifat anti inflamasi seperti minyak atsiri seperti linalool, eugenol dan citronellol. Minyak atsiri memberi efek untuk melindungi tubuh serta melindungi dari peradangan.

Menurunkan Kadar Kolesterol 
Berdasarkan sebuah penelitian, daun kemangi memiliki efek yang signifikan dalam penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Komponen seperti antioksidan dan fitokimia yang ada dalam daun kemangi dapat menurunkan LDL atau Low Density Lipoprotein.

Menenangkan Perut 
Sebagian besar orang Italia suka menambahkan daun kemangi ke dalam masakan atau makanan mereka. Karena daun kemangi memiliki efek dalam menenangkan atau menghilangkan rasa kenyang di perut. 

Selain itu, makan daun kemangi juga dapat mencegah muntah dan meminimalkan kadar asam pada lambung.

Baca Juga: Anda Harus Tahu! Ini Manfaat Siwak