Sosok Alex Kurniawan Pengusaha Yellow Carwash

Gambar Alex Kurniawan 01 - ScreenShot landx - Bisnis Muda

Gambar Alex Kurniawan 01 - ScreenShot landx - Bisnis Muda

Like

Bisnis zaman sekarang semakin banyak sekali persaingannya, mulai dari makanan cepat saji, minuman yang sedang tren, bahkan sampai ke fashion. Tidak hanya pada bisnis itu saja, melainkan ada seseorang yang justru melakukan bisnis yang tidak biasa, yaitu bisnis cuci mobil.

Bisnis cuci mobil tersebut dikenal dengan nama Yellow Carwash. Bahkan, Yellow Carwash disebut-sebut sebagai bisnis yang cukup berkembang dalam persaingan sektor pencuci mobil.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki mobil, dari mobil sport hingga mobil biasa. Tetapi, dalam memiliki mobil tersebut, pemiliki mobil kadang tidak akan sempat untuk mencuci mobilnya sendiri.

Maka dari itu, Alex Kurniawan, pengusaha Yellow Carwash, membuka peluang di ranah market car wash. Sebab, ia berpikir banyaknya pemiliki mobil dan sedikitnya persaingan pada pencucian mobil.

Bisnis Yellow Carwash ini tidak sembarangan bisnis cuci mobil saja, melainkan sangat berbeda dengan tempat cuci mobil yang lainnya. Yellow Carwash ini merupakan tempat cuci mobil yang terkenal modern dan menggunakan sistem robotic car-wash.


Sehingga, dilansir dari laman landx.id, pencucian mobilnya sangat efektif. Mulai dari proses penyiraman, penyabunan, hingga sampai pada pengeringan yang hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Mendirikan Yellow Carwash ini tidak cuma-cuma. Bisnis ini sudah dapat berdiri dan bertahan selama 14 tahun karena adanya sosok Alex Kurniawan.

Alex Kurniawan, dalam mendirikan Yellow Carwash ini juga tidak sendirian, melainkan ada dua orang kerabatnya yaitu Febian Muljadi dan Supriadi Sukardi. Yang menarik dari Yellow Carwash ini, kita bisa melakukan investasi pada perusahaan ini dan sangat menjanjikan dalam pengelolaannya.

Tidak hanya itu, mengutip dari landx.id, jika salah satu dari kita ingin membuka usaha tanpa ribet, kita bisa memulai bisnis Yellow Carwash secara franchise. Apalagi, kita bisa melihat peluang dari tempat pencucian mobil yang masih sedikit saingannya.

Lalu, bagaimana sosok Alex Kurniawan yang mendirikan usaha ini dengan melalui hobinya?
 

Sosok Alex Kurniawan

Sosok Alex Kurniawan cukup patut untuk dijadikan contoh dalam berbisnis. Alex awalnya memiliki hobi dalam dunia otomotif, seperti memodifikasikan mobilnya sendiri.

Nah, hal itu malah menguntungkan dirinya. Mengutip dari laman Instagram landx.id, Alex Kurniawan pun kini telah menjadi pengusaha Yellow Carwash.

Dalam perjalanan bisnis yang dilakukan Alex, ia melihat perkembangan market bisnisnya terlebih dahulu dibanding melihat dari sisi produknya.

Dalam perencanaan bisnis usaha car wash-nya ini, Alex mengacu pada data dalam penggunaan berjuta-juta mobil yang digunakan masyarakat. Alex pun melihat ini sebagai peluang usaha awal untuk dirinya.

Alex yang sudah dapat merancang strateginya tidak berpacu dalam keterbatasan bermodal. Bahkan, itu bukan penghalang baginya. Sementara itu, melihat strategi lokasi, Alex memilih untuk dapat membuka gerai cuci mobil miliknya di dekat perkarangan rumah masyrakat.

Alex juga paham dalam melihat market dan tahu kapan akan pivot. Menurutnya, dengan memiliki strategi dan pemikiran seperti iu, kita akan terus jalan tetapi tetap cashflow positife, dilansir dari landx.id

Baca Juga: Mau Lakukan Pivot dan Adaptasi Bisnis? Begini Strateginya

Strategi yang digunakan Alex Kurniawan ini sudah sangat berhasil. Alex dapat mengundang banyaknya para investor dan  ia sudah memiliki 8 outlet yang menggunakan sistem robotic-car-wash.

Nah buat Be-emers, jika ingin melakukan bisnis, bisa pahami dulu marketnya seperti apa yah. Agar bisnis yang dikerjakan bisa berdampak positif.

Yang bisa diambil dari bisnis Alex Kurniawan adalah kita harus sudah benar-benar membuat strategi dengan matang dalam marketing concept dan melihat brand image bisnisnya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Bisnis Cuci Sepatu!