Tips Menurunkan Berat Badan

Tips menurunkan berat badan (Sumber gambar: klikdokter.com)

Tips menurunkan berat badan (Sumber gambar: klikdokter.com)

Like

Berat badan merupakan hal yang sangatlah berpengaruh untuk menunjang penampilan dan juga tingkat percaya diri seseorang. Keadaan orang yang gemuk atau kurus, terkadang membuat mereka tidak percaya diri.

Sehingga, mereka berlomba-lomba menjadikan tubuhnya menjadi ideal dengan berbagai cara yang mereka lakukan. Mulai dari mengonsumsi obat-obat herbal, obat kimia, dan juga cara cara ekstrem lainnya.

Misalnya, diet ketat alias sama sekali tidak mengonsumsi apa pun kecuali air putih, yang mana hal seperti itu malah membahayakan tubuh kita.

Apabila ingin mengonsumsi obat, sebaiknya benar-benar melihat apakah sudah ada izin BPOM, berlebel halal, dan juga testimoni dari orang-orang yang sudah mengkonsumsi ya. Jadi, jangan mau diiming-imingi oleh "keinstanan" semata.

Terkadang juga diet yang dilakukan oleh seseorang yang berhasil itu tidak berlaku juga untuk orang lain, yang artinya, tidak semua program diet itu bisa dilakukan untuk semua orang.


Kenali dulu tubuh kita, apa kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan sehingga tubuh kita menjadi gemuk. Seperti contohnya, sering makan-makan yang instan dan berlemak jahat seperti gorengan, seafood, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pentingnya Balanced Diet untuk Jaga Imun di Tengah Pandemi

Setelah kita kenali apakah penyebab yang membuat kita gemuk langkah selanjutnya kita mulai action atau penerapanya. Adapun, tips-tips menurunkan berat badan antara lain yaitu :

1. Biasakan hidup sehat, dengan tepat waktu jadwal makanya, tidur yang teratur dan juga rutin minum air putih 8 gelas sehari atau setara 1 liter air mineral. Dengan hidup sehat, maka kita berikhtiar untuk menjaga pola makan yang baik. Dengan tidak makan makan yang kurang sehat seperti mi dan makanan instan lainya. 

2. Rutin melakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu atau memperbanyak pola gerak, sehingga tubuh kita aktif dalam pembakaran lemak. Cari olahraga yang cocok untuk proses pembakaran lemak agar efektif 

3. Konsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur sayuran dan buah buahan. Jika tidak suka, maka bisa divariasi ke makanan yang unik, enak, dan sehat, tapi harus melihat kadar lemak ya juga. 

4. Hindari dari stres. Sebab, jika tubuh kita mengalami yang namanya stres, maka pola makan yang baik dan pola tidur yang baik tidak bisa diterapkan. Stres akan memicu tubuh untuk bekerja tidak sehat, kurang nafsu makan, bahkan malah makan berlebih sehingga makan tidak terkontrol dan menyebabkan penumpukan lemak.

Begitu juga pola tidur. Jika stres, maka yang dilakukan seseorang itu ada dua kemungkinan: tidak tidur berkepanjangan atau tidak tidur seharian alias begadang.

Nah, hal itu amatlah tidak baik karena apabila tidak tidur atau begadang, maka tubuh akan mengalami yang nama keinginan untuk makan. Sehingga, makan tidak terkontrol.

Jika tidur seharian, maka tidak ada pembakaran lemak atas apa yang sudah dimakan. Walaupun tidur yang lama, maka tubuh akan membagikan sinyal lapar ke otak dan apabila kita tidur terus setelah makan, maka tidak akan ada pembakaran .

Menurunkan berat badan itu harus dengan kesabaran yang ekstrem, sehingga jangan mudah menyerah tetap konsisten dalam melakukan apapun itu.

Sebab, kunci keberhasilan itu ialah tetap konsisten dengan apa yang sedang diperjuangkan. Tetap semangat untuk menjalankan program diet dan juga jangan menyiksa tubuh.

Baca Juga: Media Sosial Pinterest Melarang Semua Iklan Penurun Berat Badan, Ini Alasannya