Patung Pencipta Bitcoin Anonim Satoshi Nakamoto Diresmikan di Hongaria

Patung Pencipta Bitcoin Anonim Satoshi Nakamoto Illustration Web Bisnis Muda -  RFI

Patung Pencipta Bitcoin Anonim Satoshi Nakamoto Illustration Web Bisnis Muda - RFI

Like

Sekelompok penggemar crypto di Hungaria membangun patung pencipta anonim bitcoin dari perunggu. Patung yang didedikasikan untuk pendiri misterius bitcoin yang dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, diresmikan pada hari Kamis di Budapest, ibu kota Hongaria.

Andras Gyorfi selaku editor Kripto Akademia dan penggagas proyek patung di Budapest menganggap Satoshi sebagai bapak pendiri seluruh industri cryptocurrency, karena ia telah menciptakan bitcoin dan juga blockchain.

Konsep bitcoin pertama kali muncul dari tulisan seorang tokoh anonim dengan nama pena Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Tetapi masih belum jelas siapa Nakamoto dan apakah itu individu atau sekelompok orang.

Baca Juga: Setelah El Salvador, Berbagai Sentimen Baru Guncang Pasar Kripto

Tulisannya tersebut menguraikan teknologi yang mendasari bagaimana bitcoin akan bekerja, dan pada tahun 2009 mata uang tersebut diluncurkan.


Patung sosok anonim, yang didirikan di Graphisoft Park dekat Sungai Danube, memiliki wajah reflektif tanpa fitur sehingga pengunjung dapat melihat diri mereka sendiri saat melihatnya.

Wajahnya dibalut hoodie perunggu dengan logo bitcoin yang dipopulerkan di bagian dada. Gyorfi mengatakan itu adalah patung pertama di dunia yang memberi penghormatan kepada pencipta anonim.
 

Patung Pencipta Bitcoin Anonim Satoshi Nakamoto Illustration Web Bisnis Muda - CryptoPumpNews

Patung Pencipta Bitcoin Anonim Satoshi Nakamoto Illustration Web Bisnis Muda - CryptoPumpNews


Ia menambahkan bahwa penyelenggara proyek mengundang Nakamoto ke acara pembukaan, tetapi tidak ada seorang pun di antara kerumunan yang maju untuk mempertaruhkan klaim sebagai pendiri cryptocurrency terbesar di dunia.

Baca Juga: Kamus Cyrpto: Apa Itu Stablecoin dan Jenis-Jenisnya?

Misteri identitas Nakamoto sangat penting sehingga pertukaran Coinbase dengan mata uang kripto senilai $51,7 miliar ditandai sebagai faktor risiko dalam pengajuannya untuk mempublikasi identitas Satoshi Nakamoto, orang atau nama samaran yang mengembangkan Bitcoin, atau transfer Bitcoin Satoshi.

Gyorfi mengatakan patung itu didirikan untuk menunjukkan rasa hormat kepada Nakamoto, dan untuk meningkatkan kesadaran terhadap blockchain dan cryptocurrency.

Seiring dengan kontribusi dari penggemar bitcoin Hungaria lainnya, Gyorfi mengatakan dia mengumpulkan sumbangan cryptocurrency yang bernilai sekitar $10.000 untuk membayar patung tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Investasi Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?