Bagaimana Cara Mengatur “Self Reward” Agar Tidak Boros?

Ilustrasi Gambar Self Reward Berbelanja - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Self Reward Berbelanja - Bisnis Muda - Canva.com

Like

Banyak orang yang bekerja setiap hari agar bisa mendapatkan uang dan mengumpulkannya untuk masa depan. Dalam setiap pekerjaan, sudah pasti menguras pikiran serta tenaga dalam melakukannya, yang tentunya kita juga harus memberikan hadiah untuk diri kita sendiri.

Pastinya kamu sebagai pekerja sudah memikirkan ingin membeli apa setelah mendapatkan gaji, kan Be-emers?

Namun, terkadang masyarakat suka berlebihan ketika memberikan hadiah kepada dirinya sendiri, yang akhirnya akan membuat buntung di akhir bulan karena sudah kehabisan uang.

Sebetulnya, promo yang ada pada dunia fashion atau lainnya bisa membuat uang kita berantakan lho, Be-emers. Sebab, kita akan kalap dengan yang namanya promo dan menganggap ini sebagai bagian dari ­Self Reward kita selama bekerja.


Pernah mendengar apa itu Self Reward?

Self Reward adalah sebuah cara kita untuk berterima kasih kepada diri sendiri atas apa yang sudah dilakukan selama ini. Mau dalam hal bekerja, menjalankan kuliah yang berat, atau memang sudah saatnya kita memberikan hadiah kepada diri sendiri.

Self Reward diberikan untuk diri sendiri yang bertujuan atau memotivasi diri kita sendiri agar tetap mau bekerja keras dan mau melakukan hal yang terbaik dalam menjalankan keseharian.

Biasa, Self Reward dilakukan seperti berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah di kunjungi, berbelanja, mencicipi makanan yang belum pernah dimakan, dan hal positif lainnya.

Namun, Be-emers sadar enggak sih kalau kebanyakan Self Reward itu tandanya kita boros lho. Sebab, kadang Self Reward tidak harus selalu diberikan setiap gajian atau sedang memiliki dana yang melimpah.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Self Reward Dan Bagaimana Cara Self Reward Yang Benar


Cara Mengatur Self Reward Agar Tidak Boros, Bagaimana?
Self Reward sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi yang membedakan hanya bagaimana kita memanfaatkannya dan menggunakan Self Reward ini agar tidak boros dan dapat memotivasi kita.

Berikut cara menghemat pengeluaran saat Self Reward, antara lain :
  • Bukan untuk Memenuhi Gengsi
Membelikan diri sendiri hadiah hanya untuk memenuhi gengsi adalah kesalahan yang fatal. Ssebab, dalam memenuhi ego dan gengsi tidak akan ada akhirnya.

Jangan karena ingin memenuhi gengsi, melansir dari sonora.id, rasa penasaran yang hanya akan menjadi faktor utamannya. Berikan ­Self Reward ini sebagai tanda untuk lebih semangat lagi dalam melakukan sesuatunya.
  • Anggarkan dan Pilah
Tidak ada salahnya dalam membatasi atau menganggarkan pengeluarkan untuk Self Reward yah, Be-emers. Mengutip dari grid.id, dalam melakuakn Self Reward, kita bisa menyatukan hal tersebut dalam kebutuhan pribadi kita, karena dengan begitu kebutuhan kita sekaligus Self Reward ini bisa sama sama terpenuhi.

Cara yang bisa dilakukan adalah pengeluaran tidak boleh lebih dari penghasilan atau tabungan yah, Be-emers. Caranya, mengutip dari grid.idBe-emers bisa membedakan pada akun Bank sendiri mana yang tidak boleh digunakan dan mana yang boleh digunakan.
  • Mencari Informasi Promo
Tidak ada salahnya untuk membelikan diri sendiri hadiah yaitu menggunakan barang promo. Karena dengan dana yang sudah disiapakan lalu membelikan barang promo, akan bisa mendapatkan lebih banyak lagi barang yang kita inginkan.

Promo yang bisa juga memberikan kita keuntungan, seperti adanya cashback diskon belanja yang cukup lumayan dan tetap dalam jangkauan barang itu tersebut memang masuk list kamu yah Be-emers.
  • Tidak Harus Setiap Bulan
Self Reward itu biasanya tidak dilakukan setiap bulan. Hadiah untuk diri sendiri itu bisa ditargetkan, seperti sudah membuat list barang yang memungkinkan harganya cukup mahal.

Lalu, kita bisa menabung terlebih dahulu agar dapat membeli barang tersebut dengan waktu yang sudah ditargetkan.
  • Membatasi Diri dari Apapun
Bisa menahan diri agar tidak kalap dalam Self Reward. Ketika ingin sekali membeli barang pasti pernah terlintas dalam pemikiran “tidak apa beli barang ini, karena ini Self Reward

Pemikiran tersebut bisa menjadi pemicu utama yang menandakan bahwa kamu boros, bukan untuk memberikan hadiah kepada diri kamu sendiri. Misalnya, jangan tergiur atau jangan selalu mengganti HandPhone untuk bisa membeli keluaran baru.


Jadi, Be-emers Self Reward gak harus setiap bulan yah. Kalian bisa masukin ke dalam list terlebih dahulu, baru membelinya jika memang sudah waktunya.