Disebut Ungkap Rahasia Pejabat dan Miliarder, Apa Itu Pandora Papers?

Apa Itu Pandora Papers Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Pandora Papers Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Belakangan, Pandora Papers menjadi topik yang cukup hangat dibicarakan oleh banyak orang nih. Disebut mengungkap sejumlah rahasia aset hingga transaksi bisnis para pejabat dan miliarder, sebenarnya apa itu Pandora Papers?

Minggu (3/10), dunia dihebohkan dengan sebuah laporan investigasi besar-besaran yang mengungkap rahasia para pemimpin dunia dengan kekayaan offshore, perusahaan cangkang senilai triliun dolar. Yang bikin heboh, sejumlah nama pejabat, miliarder, hingga selebriti dunia ikut terseret dalam laporan tersebut.

Bahkan, dilansir Bisnis, penyanyi Shakira, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, hingga Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan adiknya yakni Gautama Hartarto, turut masuk dalam daftar laporan Pandora Papers nih.

Baca Juga: Edward Snowden: Mantan Karyawan CIA yang Bocorkan Rahasia NSA Hingga Skema Ponzi
 

Apa Itu Pandora Papers?

Laporan penyelidikan yang dikenal dengan Pandora Papers itu diterbitkan oleh International Consortium of Investigatives Journalist (ICIJ) pada Minggu (3/10) lalu.

Dengan melibatkan lebih dari 600 jurnalis di 117 negara, dikutip The Guardian, Pandora Papers menginvestigasi 11,9 juta dokumen yang bocor dari 14 perusahaan jasa keuangan. 


Lebih tepatnya, 11,9 juta dokumen tersebut berasal dari perusahaan yang disewa oleh klien kaya untuk membuat struktur lepas pantai seperti Panama, Dubai, Monako, Swiss, dan Kepulauan Cayman.

Alhasil, kesepakatan rahasia dan aset tersembunyi dari beberapa orang terkaya dan terkuat di dunia pun terungkap dalam kumpulan data lepas pantai terbesar dalam sejarah ini.

The Guardian menyebutkan, Pandora Papers mengungkapkan cara kerja dunia keuangan bayangan. Hal itu pun memberi petunjuk ke dalam operasi tersembunyi ekonomi lepas pantai global, yang mana memungkinkan sejumlah orang terkaya di dunia menyembunyikan kekayaannya dan enggak bayar pajak.

Dalam laporan investigasi Pandora Papers, terdapat email, memo, catatan pendirian, sertifikat saham, laporan kepatuhan, dan diagram kompleks yang menunjukkan struktur perusahaan labirin.

 

Apa Itu Pandora Papers Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Pandora Papers Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Pandora Papers Bongkar Rahasia Pemimpin Hingga Seniman Dunia

Dalam Pandora Papers, para jurnalis mengekspos urusan luar negeri rahasia 35 pemimpin dunia. Selain itu, mereka juga menyoroti keuangan rahasia lebih dari 300 pejabat publik lainnya di lebih dari 90 negara.

Selain itu, dikutip The Guardian, lebih dari 100 miliarder ditampilkan dalam data yang bocor tersebut. Enggak hanya itu, para selebriti, bintang rock, dan pemimpin bisnis juga masuk dalam data Pandora Papers.

Baca Juga: Kenalan Sama Creo Syndicate: Organisasi Rahasia yang Isinya Miliarder Peduli Perubahan Iklim

Soalnya, ternyata banyak di antara mereka yang menggunakan perusahaan cangkang untuk menyimpan barang-barang mewah seperti properti dan kapal pesiar! Enggak jarang, mereka juga merahasiakan aset dengan menggunakan rekening bank samaran.

Bahkan, para orang-orang tajir itu pun ketahuan menyimpan koleksi seni, mulai dari barang antik Kamboja yang dijarah, hingga lukisan oleh Picasso dan mural yang dibuat oleh seniman Banksy.

Hmm.. fakta apa lagi nih yang kamu ketahui soal Pandora Papers?


Kalau kamu punya cerita menarik seputar investasi, bisnis, lifestyle, dan lain-lain, tulis aja yuk di Bisnis Muda! Semakin banyak kamu menulis, kamu bakal dapat hadiah menarik lho!