Yuk Menabung Biar Untung!

Ilustrasi menabung (Sumber gambar : pixabay.com)

Ilustrasi menabung (Sumber gambar : pixabay.com)

Like

Pernah nggak kalian ngerasa uang kalian cepet habis? Baru terima gajian tiba-tiba habis, baru dapet uang kiriman dari orang tua seminggu kemudian udah bingung mau makan apa. Contoh sederhana tadi mungkin sering terjadi karena kita tidak bisa mengatur keuangan dengan bijak. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan dengan benar? Cara mengatur keuangan paling sederhana adalah dengan menabung. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan.

Hal ini sejalan dengan kondisi sekarang ini, dimana berdasarkan informasi yang berasal dari Bisnis.com adanya pandemi virus corona menjadikan masyarakat rajin menabung dan menabung menjadi aktivitas keuangan yang paling banyak dilakukan selama pandemi ini. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dari menabung, di antaranya :


Mempunyai dana cadangan atau ‘uang lebih’

Seperti yang kita tahu, dengan menabung kita akan mempunyai uang lebih. Nah, uang lebih tersebut dapat berfungsi sebagai dana cadangan saat ada keperluan mendadak atau darurat.


Mencegah diri dari kebiasaan ‘ngutang’

Selain berfungsi sebagai dana cadangan, tabungan yang kita miliki juga dapat menjauhkan diri kita dari pemikiran “minjem duit temen dulu ah buat beli barang ini”, karena saat kita sudah mempunyai dana cadangan untuk membeli barang tersebut tanpa harus ‘ngutang’ ke orang lain. Perlu diingat, kondisi tersebut jangan sampai membuat kita boros karena asal beli barang, beli kalo emang butuh aja ya!


Mengurangi stress

Fakta menarik lain nya dari manfaat menabung adalah dapat mengurangi stress. Saat kita mengalami kondisi kekurangan secara finansial karena kita tidak bisa mengalokasikan uang dengan benar akan memicu terjadinya stress finansial. Stres finansial yang kita alami akan menghabiskan banyak waktu, karena setiap perjalanan keluar rumah akan memberi ingatan pada kondisi finansial kita yang buruk. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila kita bisa mengalokasikan keuangan dengan baik, salah satu nya adalah dengan menabung.

Lalu, bagaimana cara kita memulai agar terbiasa menabung? Menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut adalah berbagai metode menabung yang dapat kalian pilih menurut diri kalian :


Metode Kalender Terbalik

Metode menabung pertama yang dapat kalian coba adalah metode kalender terbalik. Penerapan metode ini sangat praktis, kita hanya perlu menabung sesuai dengan kebalikan tanggal pada hari itu. Sederhananya, misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. maka pada tanggal 1 kita harus menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya sampai pada tanggal 30 kita cukup memasukkan Rp1.000 ke dalam tabungan . Dengan metode ini, uang tabungan kita selama 30 hari saja kurang lebih telah mencapai Rp465.000.


Metode 80-20

Metode selanjutnya yang dapat kalian terapkan adalah metode 80-20. Bagaimana penerapan nya? Peraturannya sederhana: tabung 20% pendapatan bersih kalian, gunakan sisanya untuk digunakan atau dibelanjakan. Alokasi penggunaan 80% uang tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya 50% nya untuk memenuhi kebutuhan dan 30% nya untuk membeli apa yang kita inginkan. Oh ya, metode ini juga dapat kalian ubah sesuai dengan kemampuan, misalnya ganti dengan 75-25 atau 70-30.



Menabung Uang Receh

Metode ketiga adalah menggunakan uang receh. Cara nya sangat sederhana, sisihkan uang recehan yang kalian dapat setelah membeli sesuatu. Meskipun terlihat tak ada nilai nya, coba deh lihat hasil nya 2-3 bulan kemudian. Seperti kata pepatah kan “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”.


Ikut Arisan

Metode terakhir yang dapat kalian coba adalah dengan ikut arisan.  Arisan ini cukup mudah dilakukan buat kalian yang sampai sekarang kesulitan buat nabung, karena dengan ikut arisan kalian secara tidak langsung akan membuat perjanjian untuk menyisihkan sekian jumlah uang. Misalnya arisan sejumlah Rp50 ribu per minggu untuk 20 orang, dalam seminggu sudah bisa terkumpul Rp1 juta. Disisi lain, sekarang ini sudah banyak arisan-arisan online yang tidak mengharuskan kita bertemu satu dengan yang lain, jadi bakalan semakin mudah buat kalian yang nggak mau ribet.

Nah, penjelasan metode-metode di atas diharapkan dapat semakin memantapkan niat kalian untuk mulai menabung. Jadi, dari ke-empat metode tersebut, mana yang akan kalian pilih? Tunggu apalagi, yuk nabung biar untung!