Cerdas Atur Keuangan, Agar Aman di Tanggal Tua!

Cerdas Atur Keuangan, Agar Aman di Tanggal Tua! - Bisnis Muda - canva

Cerdas Atur Keuangan, Agar Aman di Tanggal Tua! - Bisnis Muda - canva


Di era sekarang, untuk mengatur pengeluaran dalam keuangan memang sudah sepatutnya diperhitungkan. Dengan gaji UMR, sebenarnya sudah bisa tercukupi. Tetapi, jika kita enggak bisa menghitung dan mengelolaanya, akhirnya kita bisa boncos nih Be-emers!

Mengatur keuangan itu ternyata susah-susah gampang lho Be-emers. Gampang saat ada uangnya karena habis gajian, tapi susah karena enggak ada uangnya saat sudah mendekati tanggal tua.

Mau sebesar apapun gaji yang diterima, jika tidak bisa mengelolanya, tetap akan boncos diakhir bulan. Sehingga, hal itu bisa menyebabkan kebingungan pada diri sendiri.

Untuk itu, dalam perhitungan gaji yang sudah ditetapkan, kita harus bisa menggunakannya dengan baik dan bijak. Sebab, pengelolaan keuangan sangat penting agar enggak merana di tanggal tua.

Baca Juga: Ini 7 Trik Ampuh untuk Mengatur Keuangan Bagi Pemula


Berikut tips and trik yang bisa Be-emers lakukan untuk mengatur keuangan. 

Cara Mengelola Kuangan, Ada Apa Aja?
  • Membuat Anggaran Bulanan
Ini adalah salah satu faktor utama yang perlu dilakukan lho Be-emers! Sebab, tidak setiap bulan pengeluaran kita itu sama dengan yang sebelumnya.

Terutama, yang harus dilakukan ialah membuat daftar kebutuhan. Dilansir dari economy,okezone.com, kebutuhan yang dimaksud seperti kebutuhan pokok sehari-hari, membeli paket bulanan, bayar cicilan, dan kebutuhan yang memang harus diutamakan.
  • Menyisihkan Uang Setiap Hari
Percaya tidak percaya, tips ini sangat berpengaruh dalam keuangan lho, Be-emers! Dari pengeluaran yang kita lakukan setiap harinya, kita bisa menyisihkan uang kembaliannya dengan cara kita simpan di tempat khusus

Mengutip dari avrist.com, pernah dengar ungkapan “sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit?” Nah, dengan seberapapun uang yang disisihkan setiap harinya, percaya atau tidak, sudah pasti uang ini akan sangat membantu kita di masa mendatang. 
  • Berhemat
Melakukan penghematan bukan tanda seseorang itu pelit lho. Berhemat adalah suatu strategi seseorang dalam mengelola keuangannya.

Kadang, kita tidak bisa menghindari banyak keinginan yang dibeli dari hasil kerja sendiri. Tetapi, melakukan pemborosan seperti belanja online setiap bulannya, itu bukan sesuatu yang diharuskan.

Melakukan penghematan bisa menjadi langkah yang paling efektif dalam membantu keuangan kita, baik setiap akhir bulan, di masa depan, hingga di hari tua nanti.
  • Memasak untuk Bekal Sendiri
Hal ini berlaku untuk para laki-laki dan perempuan, tetapi kebanyakan laki-laki gengsi saat membawa bekal sendiri. Padahal, sebenarnya membawa makanan dari rumah itu sangat membantu dalam pengeluaran kita lho Be-emers!

Dilansir economy.okezone.com, saat kita memasak dan membawa bekal ketika bekerja, hal itu dipercaya 50 persen dapat menahan pengeluaran kita dibandingkan membeli makanan dari luar.
  • Hidup sederhana
Be-emers bisa menerapkan kehidupan yang sederhana dan hemat agar keuangan kita tetap aman dan terjaga. Seperti, saat gajian sudah turun kita tidak perlu melangsungkan foya-foya atau menghaburkan uang yang sekaligus bisa langsung menghambiskan 40 persen gaji kita.

Setidaknya, kita dapat menunggu waktu yang tepat untuk bisa berbelanja, seperti adanya diskon atau cashback dan berbelanja hanya sesuai kebutuhan saja.

Nah, kalo dari Be-emers sendiri ada ga sih tips and trick untuk mengatur keuangan? Komen di bawah yah...

Baca Juga: Apakah Ini Masa Terakhir Generasi Milenial untuk Bangun Peluang Kekayaan?