Christian Angermayer: Kaya Raya dari Investasi Bitcoin Hingga Psikedelik

Christian Angermayer Illustration Web Bisnis Muda - Image: Twitter

Christian Angermayer Illustration Web Bisnis Muda - Image: Twitter

Like

Kebanyakan anak muda mungkin memilih berinvestasi pada emas, saham, properti, reksa dana, hingga aset kripto.

Namun, portofolio seorang Christian Angermayer justru enggak hanya berisi aset kripto kayak bitcoin, melainkan ia juga berinvestasi hal-hal yang berhubungan dengan psikedelik lho!

Bahkan, Bloomberg mencatat, Christian berinvestasi pada hal-hal lain seperti psikedelik, film, Covid, crypto, perpanjangan hidup, gulma, hingga SPAC. Bloomberg juga menyebutkan, Christian Angermayer menghasilkan banyak uang dari risiko dan “iseng” berinvestasi dalam segala hal selama pasar bullish.

Jadi, sebenarnya siapa sih sosok Christian Angermayer?

Baca Juga: Deretan Investor Terkenal Yang Menganut Value Investing
 

Sosok Christian Angermayer

Lahir dan besar di Jerman, Christian Angermayer adalah adalah seorang pengusaha dan investor kaya yang sudah lebih dari 20 tahun mendirikan bisnis dan berinvestasi di banyak perusahaan sukses di berbagai sektor.


Pria berusia 42 tahun itu pun telah terlibat dalam lebih dari 40 transaksi IPO (Initial Public Offering) dan M&A yang sukses baik sebagai pengusaha, investor atau bankir/advisor.

Selain itu, Christian Angermayer juga merupakan CEO dan pemilik dari Apeiron Investment Group nih, Be-emers. Apeiron Investment Group sendiri merupakan perusahaan perbankan dan finansial milik keluarga Christian Angermayer.

Nah, Apeiron Investment Group ini fokus pada layanan keuangan seperti fintech, internet, teknologi, ilmu hayati, media, hingga real estat dan sumber daya alam lho! Apeiron juga dikenal banyak berinvestasi pada startup dan memegang saham di berbagai perusahaan manajemen aset.

 

Perusahaan Christian Angermayer Illustration Web Bisnis Muda - Image: LinkedIn

Perusahaan Christian Angermayer Illustration Web Bisnis Muda - Image: LinkedIn

 

Christian Angermayer Sudah Berwirausaha sejak Umur 19 Tahun

Enggak hanya menjalani bisnis keluarga, Christian Angermayer juga sudah terlatih untuk berwirausaha sejak usianya 19 tahun! Di tahun 2000. dikutip atai.life, Christian mendirikan Ribopharma, yang mana kini telah memiliki kapitalisasi pasar US$13 miliar.

Nah, sejak saat itu deh, Christian juga mulai menciptakan, mendirikan, dan berinvestasi di banyak perusahaan. Bahkan, tercatat Christian Angermayer telah mengumpulkan lebih dari US$2 miliar untuk perusahaan portofolionya!

Baca Juga: Sosok Miliarder di Balik Krisis Moneter 1998 Ikutan Terjun Berinvestasi di Kripto!
 

Investasi Christian Angermayer

Bloomberg mencatat, Apeiron Investment Group telah menjadi investor utama di tujuh perusahaan yang telah go public dalam 12 bulan terakhir. Perusahaan tersebut pun, jika digabungkan, telah mengumpulkan lebih dari US$1 miliar.

Bahkan, kabarnya masih ada 10 perusahaan lagi yang ada dalam portofolionya tengah mengantri untuk IPO tahun ini lho! Bloomberg pun menilai sosok Christian Angermayer sebagai perwujudan dari era baru investasi.

Enggak banyak bersuara di media sosial, Christian justru lebih intens untuk menjalin hubungan dengan sejumlah investor seperti Softbank Group Corp, hingga peter Thiel. Bahkan, menurut catatan Financial Times, Angermayer juga menerima biaya pencari sebesar 13 juta euro atau sekitar US$ 15,6 juta untuk memperkenalkan eksekutif di SoftBank dan Wirecard AG.

Lalu, investasi apa lagi yang dimiliki Christian Angermayer?

1. Apeiron Investment Group dan Perusahaan Lainnya
Berdasarkan data Bloomberg, aset Apeiron mencapai US$2,5 miliar. Jumlah tersebut merupakan setengah dari aset yang dimiliki Christian Angermayer.

Menariknya, dana tersebut punya rata-rata return internal tahunan lebih dari 50 persen selama satu dekade terakhir.

2. Investasi dalam Usaha Psikedelik
Diketahui dari laman Bloomberg, Christian Angermayer bersama mantan mitra Goldman Sachs Group Inc. Mike Novogratz mendirikan Cryptology Asset Group. Keduanya pun telah berinvestasi bersama dalam usaha dengan fokus psikedelik.

Selain Cryptology Asset Group, Christian Angermayer juga mendirikan Atai Life Sciences dan Compass Pathways, perusahaan biotech yang fokus pada psikedelik. Ia mendirikan perusahaan itu dengan mendapat dukungan dari Peter Thiel, pengusaha miliarder dan seorang venture capitalist.

 

Psikedelik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Psikedelik Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Sekedar info, psikedelik sendiri merupakan sebuah manifesti jiwa, yang mana juga menggambarkan keadaan kejiwaan saat seseorang mengalami halusinasi dan hilang kesadaran akibat pengaruh luar, seperti obat-obatan.

Christian Angermayer saat ini tercatat memiliki empat perusahaan biotech lainnya seperti Sensei Biotherapeutics, Chemomab Therapeutics, Bionomics, dan AbCellera Biologics.

3. Jamur Ajaib
Christian Angermayer memang unik. Setelah beralih ke psikedelik -khususnya psilocybin-, ia mulai mulai tertarik pada jamur ajaib. Di satu sisi, Compass Pathways, yang sahamnya telah berlipat ganda sejak listing pada September 2021, sedang meneliti cara-cara senyawa itu nih.

Compass Pathways sedang meneliti apakah jamur dapat digunakan untuk membantu mereka yang mengalami depresi yang resisten terhadap pengobatan. 

4. Perusahaan Lainnya
Adapun, perusahaan Christian Angermayer lainnya yang bikin dia cuan antara lain Frontier Acquisition Corp (SPAC), Northern Data (kripto), SynBiotic (ganja), Rock Tech Lithium (tambang), Coreo (real estate), dan Mynaric    (teknologi ruang angkasa).