Uang Rp 10 Ribu Bisa Investasi Apa Saja Ya?

Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Investasi itu penting dimulai sejak dini lho, Be-emers. Bahkan, ada sejumlah pilihan investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp 10 ribu saja!

Pada tahun 1964, uang kertas nominal Rp 10.000 pertama kali dirilis oleh Bank Indonesia. Kini, uang pecahan Rp 10.000 ini menampilkan tokoh yang mempopulerkan kata “Irian”, yakni Frans Kaisiepo di sisi depan dan tarian Pakarena dari Sulawesi Selatan di sisi belakang.

Uang dengan nilai Rp 10.000 mungkin kelihatan kecil bagi sebagian orang. Namun, uang Rp10.000 itu bisa jadi berharga untuk uang makan atau sekedar membeli camilan.

Di sisi lain, uang dengan nilai Rp 10.000 juga bisa digunakan sebagai modal investasi lho, Be-emers. Lalu, apa saja pilihan investasi dengan modal Rp 10.000?

 

Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Saham dengan Modal Rp 10.000

Ada sejumlah pilihan saham dengan harga yang terjangkau. Misalnya, dengan harga Rp100 per lembar saham, kamu bisa membeli minimal 1 lot saham suatu emiten dengan modal Rp 10.000 saja, Be-emers.


Meski begitu, kamu perlu memperhatikan sejumlah faktor nih. Misalnya, kamu harus melakukan analisis fundamental, seperti memperhatikan Return of Equity (ROE), Earning per Share (EPS), hingga Price Earning Ratio (PER) suatu saham.

Dilansir Bisnis, investor Lo Kheng Hong pun juga suka membeli saham murah lho, Be-emers. Baginya, melihat PER dan Price Book Ratio Value (PBRV) pun bisa menjadi cara sederhana serta mudah untuk dipahami investor awam.

Baca Juga: Waspada Tren Bandarmology, Gimana Sih Cara Menganalisis Saham?
 

Reksa Dana Rp 10.000

Investasi reksa dana juga bisa dimulai dengan modal Rp 10.000 saja lho! Sejumlah platform investasi dan sekuritas menawarkan investasi reksa dana dengan modal awal Rp 10.000.

Mulai dari Bibit, Reksa Dana Manulife, hingga Bukareksa dari Bukalapak menawarkan investasi awal mulai dari Rp 10.000. Di platform Bibit misalnya, kamu juga bisa melakukan investasi reksa dana dengan metode Dollar Cost Average (DCA), yang mana akan melatih kamu untuk berinvestasi secara rutin seperti halnya menabung.
 

Tabungan Emas Rp 10.000

Emas merupakan aset safe haven alias aset investasi dengan risiko rendah. Digunakan untuk investasi jangka panjang, emas kini juga bisa dimiliki dengan modal Rp 10.000 saja nih, Be-emers.

 

Tabungan Emas sebagai Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Tabungan Emas sebagai Pilihan Investasi Modal Rp 10 Ribu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Sejumlah platform seperti Pegadaian, Bukaemas dari Bukalapak, hingga Pos Indonesia, menyediakan layanan tabungan emas dengan modal Rp 10.000. Untuk platform seperti Pegadaian dan Bukaemas, bisa dilakukan transaksinya secara online.

Baca Juga: Selain Emas Fisik, Tabungan Emas Digital Bisa Jadi Pilihan Investasi Milenial

Sementara untuk layanan tabungan emas di Pos Indonesia, dilansir dari laman resminya, kamu bisa mengunjungi Kantorpos terlebih dahulu untuk membuka akun Tamaisa & Pos Giro Mobile.

Selanjutnya, kamu melakukan setoran awal senilai Rp 100 ribu di loket Kantorpos dengan menunjukkan nomor Virtual Account dari aplikasi Tamasia. Setelah proses tersebut selesai, kamu bisa menabung emas di Kantorpos mulai dari Rp10.000.

Nah, kalau kamu, uang Rp 10.000 untuk jajan atau untuk investasi nih?