Crypto Squid Game Jatuh ke Angka US$0 Akibat Pencurian Dana Investor

Crypto Squid Game Jatuh ke Angka $0 Akibat Pencurian Dana Investor Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Crypto Squid Game Jatuh ke Angka $0 Akibat Pencurian Dana Investor Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Harga mata uang kripto baru yang terinspirasi oleh serial Netflix terkenal “Squid Game” anjlok akibat kasus penipuan setelah sempat meroket lebih dari 300.000 persen dalam minggu pertama perdagangannya, Be-emers!

Menurut data dari CoinMarketCap, nilai koin Squid Game telah runtuh 99,99 persen menjadi US$0,026 per koin, turun dari US$2,856,64 per koin pada satu titik pada hari Minggu (31/10). Bahkan, pada pukul 4 sore di hari Senin (01/11), nilainya turun menjadi kurang dari satu sen.

Situs tersebut mengeluarkan peringatan kepada investor bahwa pemegang koin tidak dapat menjualnya di Pancakeswap, pertukaran terdesentralisasi yang populer. Banyak laporan yang menyatakan bahwa situs web dan media sosial tidak lagi berfungsi dan pengguna tidak dapat menjual token ini di Pancakeswap.

Disebutkan bahwa meskipun hal ini jelas terinspirasi oleh acara Netflix dengan nama yang sama, namun tidak berafiliasi dengan IP resmi.

Situs tersebut telah memperingatkan sejak crypto Squid Game mulai diperdagangkan bahwa setidaknya beberapa pengguna tidak dapat menjualnya. Akan tetapi, sang developer mengatakan bahwa itu dirancang sebagai bagian dari “mekanisme anti-dump.


Runtuhnya nilai kripto terjadi beberapa jam setelah Twitter menandai akun yang terkait dengan kripto Squid Game tersebut sebagai akun yang mencurigakan dan membatasi akses ke akun tersebut.

Baca Juga: Selain Squid Game, Berikut Deretan Film dan Serial yang Mengajarkan Finansial!

Twitter memperingatkan pengguna ketika mereka mencoba mengakses salah satu akun yang terkait dengan crypto, yang konon dimaksudkan untuk digunakan dalam game virtual yang meniru acara senama.

Sejak Twitter mulai menandai akun tersebut, para pengembang kripto juga menghapus white paper yang terkait dengannya, serta situs web tempat menjual token yang tidak dapat dipertukarkan, atau NFT, yang juga terkait dengan permainan.

Tidak jelas persis apa yang terjadi pada crypto tersebut, tetapi para trader berspekulasi di media sosial bahwa itu adalah penipuan klasik yang disebut rug-pull scam di mana pengembang crypto meninggalkan proyek dan mencuri dana yang diinvestasikan di dalamnya.

Menurut CoinDesk, pengembang di balik proyek tersebut mengatakan pada hari Senin di saluran Telegram resmi mereka bahwa mereka tidak ingin terus menjalankan proyek karena tekanan berurusan dengan peretas.

Mereka mencoba melindunginya tetapi harganya masih tidak normal. Squid Game Dev tidak ingin melanjutkan proyek karena para pengembang tertekan dari scammers dan diliputi stres. 

Gizmodo melaporkan bahwa pengembang kemungkinan menghasilkan sekitar US$2,1 juta atau setara dengan Rp 29,9 miliar.

Pendakian yang cepat dan keruntuhan token digital yang tiba-tiba menggarisbawahi risiko yang terkait dengan cryptocurrency berkapitalisasi kecil, yang sebagian besar masih tidak diatur.

Ini juga merupakan bagian dari tren baru-baru ini di mana pengembang memanfaatkan sensasi budaya seperti acara TV populer untuk meningkatkan pengakuan proyek kripto mereka, terlepas dari legitimasinya.