Menerapkan Email Marketing pada Bisnis

Menerapkan Email Marketing pada Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Menerapkan Email Marketing pada Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Dalam strategi pemasaran, email marketing menjadi salah satu cara yang efektif untuk membangun relasi dan koneksi dengan para konsumen potensial bisnismu lho, Be-emers.

Selain membangun customer relationship yang kuat, kamu bisa juga membawa mereka menjadi konsumen yang setia.

Walaupun email marketing merupakan bentuk paling ‘jadul’ dari digital communication, namun penggunaannya masih terbilang sangat efektif, Be-emers. Menurut Neil Patel, email marketing masih menjadi channel marketing paling efektif dan mengalahkan media sosial, SEO, hingga affiliate marketing.

Di tengah pertumbuhan platform media sosial, orang-orang lebih banyak menggunakan email dibandingkan platform lainnya. Data menunjukkan bahwa pengguna email selalu meningkat setiap tahunnya dan diprediksi akan terus bertumbuh.

Jika kamu menggunakan email sebagai channel pemasaran bisnismu, kamu tidak perlu mengkhawatirkan perubahan algoritma yang akan membatasi jangkauan pemasaranmu.
 

Pengertian Email Marketing

Email marketing sendiri merupakan aktivitas dalam mengirim pesan promosi untuk para konsumen dalam skala besar. Biasanya, email marketing berisikan iklan yang digunakan untuk menghasilkan sales dan leads pada suatu brand atau produk.


Diciptakan pada 1978, email marketing bisa menjadi teknik pemasaran yang memiliki potensi customer acquisition yang lebih besar dibandingkan platform lain, terutama pada konsumen yang baru.

Biaya yang dibutuhkan untuk menerapkan email marketing juga tergolong murah lho, Be-emers. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Direct Marketing Association, apabila sebuah email dikenakan biaya sebesar US$1, maka keuntungan yang didapat bisa mencapai US$40, lho!
 

Cara Kerja Email Marketing

Pada dasarnya, terdapat tiga elemen penting untuk membantu menerapkan email marketing campaign yang efektif, yaitu:
 

Email List

Untuk bisa sukses menjalankan kampanye email marketing, kamu memerlukan database email yang aktif dari para pelangannmu yang telah menyetujui untuk menerima pesan pemasaran dari brand-mu.

Salah satu cara untuk membuat email list adalah dengan menggunakan lead magnet yang diminati, seperti subscribe untuk mendapatkan kupon atau penawaran lainnya.
 

Email Service Provider

ESP atau email service provider merupakan software yang dapat membantu mengelola list email pelanggan yang kamu memiliki dan juga bisa merancang dan menjalankan kampanye email marketing secara otomatis.

Dengan menggunakan ESP, kamu bisa mengoptimasi dan mempersonalisasi setiap interaksi dengan konsumen.
 

Tujuan yang Jelas

Ada banyak hal yang bisa kamu capai dengan melakukan kampanye email marketing lho, Be-emers. Beberapa di antaranya adalah:
  • Mendorong penjualan
  • Meningkatkan brand awareness
  • Menghasilkan leads
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Meningkatkan value brand dan perusahaan

Ketiga elemen di atas harus bergerak selaras agar menghasilkan kampanye email marketing yang sukses.

Jadi, sudah siap menerapkan strategi email marketing untuk bisnismu, Be-emers?