Dalam Bidikan Investor AS, Akankah Peluang Kopi Kenangan Untuk Unicorn Semakin Dekat?

Kopi Kenangan Illustration Web Bisnis Muda - Image: DealStreetAsia

Kopi Kenangan Illustration Web Bisnis Muda - Image: DealStreetAsia

Like

Beberapa tahun terkahir, sektor F&B terkhusus perusahaan rintisan atau startup memang sedang diramaikan oleh industri kopi.

Selain kopi yang sudah menjelma menjadi lifestyle, kini beberapa startup yang bergerak di industri kuliner (foodtech) tersebut juga memaksimalkan akselerasi untuk terhubung dengan teknologi digital.

Contohnya yang dilakukan oleh Kopi Kenangan yang juga pernah tercatat menjadi startup foodtech pertama yang terhubung dengan GoFood.

Kopi Kenangan yang didirikan tahun 2017 ini terus menunjukkan ambisi serta potensi untuk dapat melantai di bursa, terkhusus belum lama ini Kopi Kenangan kembali dalam bidikan investor AS hingga terbesit kabar untuk semakin dekat menyandang status unicorn, lho, Be-emers!

Baca Juga: Jangan Ikutan Tren Aja, Yuk Intip Langkah Cuan Kopi Kenangan Jadi Startup Kopi Kekinian
 

Falcon Edge Capital Bidik Kopi Kenangan

Melansir dari DealStreetAsia, Kopi Kenangan diketahui sedang berdiskusi dengan beberapa investor asing selaras dengan pendanaan seri C dengan capaian target hingga US$100 juta atau Rp1,4 triliun.


Selaras dengan hal tersebut, terbesit salah satu nama investor asal Amerika Serikat yaitu Falcon Edge Capital yang ingin memboyong Kopi Kenangan untuk dapat mencapai target pendanaan seri C tersebut.

Bukan tidak mungkin, sebab Falcon Edge Capital sendiri sebelumnya telah menyuntikkan dana senilai US$100 juta kepada salah satu startup asal Indonesia yaitu GudangAda pada Juni lalu.

Jika capaian target tersebut tercapai, maka valuasi Kopi Kenangan sendiri cukup untuk menyandang status unicorn.

Kopi Kenangan yang bernaung di PT Bumi Berkah Boga ini sebelumnya diketahui telah berhasil mengumpulkan US$237 juta atau setara Rp3,3 triliun dalam lima putaran pendanaan sebagaimana dikutip dari Crunchbase.

Adapun dalam lima kali putaran pendanaan tersebut dipimpin oleh Sequioa Capital India dan Alpha JWC Ventures serta 12 investor lain yang terlibat.

Lebih lanjut lagi, pendanaan terakhir yang diterima oleh Kopi Kenangan senilai US$209 juta atau setara Rp2,9 triliun pada pendanaan seri B yang dipimpin oleh Sequioa Capital India tepat tahun lalu.

Jauh sebelum itu, Kopi Kenangan juga pernah mendapatkan suntikan dana sebesar US$8 juta atau setara Rp114 miliar pada pendanaan awal (seed around) oleh Alpha JWC Ventures pada 2018 lalu.

Nah, menurut Be-emers akankah Kopi Kenangan ini dapat menyandang status unicorn dalam waktu dekat?

Baca Juga: Mengenal Bisnis Edward Tirtanata, Kopi Kenangan