Akan Segera IPO, Tendensi Reddit Terhadap Tren Saham Meme Semakin Solid?

Reddit Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google Images

Reddit Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google Images

Like

Sepertinya keterkaitan antara Reddit dengan saham semakin meruncing. Khususnya sejak keberadaan forum diskusi seputar saham yang dimilikinya bernama WallStreetBets.

Kendati demikian, WallStreetBets ini tak hanya sekedar sebuah forum diskusi saja lho, melainkan  dapat dikategorikan sebagai sebuah pergerakan yang cukup militan, apalagi sejak pemberontakkan yang dilakukannya kepada Hedge Fund terkait nilai saham GameStop diawal tahun ini.

Saat itu, antusias yang tercurahkan oleh WallStreetBets memang cukup masif sebagaimana tujuannya menaikkan nilai saham GameStop dan menghindari upaya short selling yang ingin dilakukan oleh Hedge Fund.

Alih-alih memiliki antusias yang sebegitunya, membuat Reddit semakin percaya diri untuk dapat menjual sahamnya sendiri selaras dengan kabarnya yang diketahui telah mengajukan permohonan IPO pada pekan lalu, nih, Be-emers!

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Kita Pelajari dari ‘Pemberontakan’ Komunitas Reddit?
 

Reddit Ajukan IPO

Mengutip dari Reuters, situs forum online Reddit Inc. dikabarkan telah mengajukan permohonan IPO secara rahasia kepada Securities and Exchange Commission (SEC) agar dapat melantai di bursa saham AS untuk beberapa waktu mendatang.


Walupun tidak disebutkan besaran jumlah saham yang akan dijual serta taksiran harga sahamnya, Reddit mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan valuasi agar paling tidak menyentuh US$15 miliar atau sekitar Rp216 triliun pada saat IPO.

Pihak Reddit menyebut bahwa ambisinya untuk dapat menjual saham miliknya ke publik didasari dengan pertumbuhan eksplosif pada pergerakan saham “meme” tahun ini, terlebih ketika WallStreetBets mampu memicu lusinan reli saham dari GameStop hingga operator film AMC Entertainment Holdings Inc.

Seperti diketahui, Reddit adalah platform aplikasi berbentuk situs forum yang berisikan unggahan pranala, teks hingga meme (suatu perilaku yang dibagikan oleh beberapa pihak karena memiliki sebuah konteks yang mewakilkan) yang berasal dari kontribusi penggunanya.

Co-Founder and Chief Executive Reddit Steve Huffman juga menuturkan bahwa kehadiran “meme” sebagai salah satu komponen unggulan yang dimiliki oleh Reddit memang cukup potensial jika diproyeksikan pada saham.

Pernyataan Steve tersebut juga berdasar dari laporan yang diterimanya usai Reddit mendapatkan US$100 juta pada kuartal kedua tahun ini saja. Angka tersebut mencerminkan tiga kali lipat jika dibanding dari tahun lalu atau sekitar US$400 juta pertahun berdasar run-rute.

Didirikan sejak tahun 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian, kini Reddit tercatat memiliki 52 juta pengguna aktif serta kepemilikan terhadap 100 ribu komunitas atau sub-reddits.

Apakah Be-emers tertarik dengan saham meme seperti yang ingin diproyeksikan oleh Reddit?