Lima Pekerjaan yang Berpotensi Muncul di Tahun 2030

Pekerjaan. Sumber gambar. Freepik

Pekerjaan. Sumber gambar. Freepik

Like

Berbicara mengenai pekerjaan merupakan sebuah hal yang sangat-sangat seru untuk kita bicarakan. Di lain sisi, banyak berbagai macam profesi ataupun pekerjaan yang ada, khususnya di Indonesia.

Tentu saja, hal ini membuat banyak persaingan antara jenis pekerjaan satu dengan jenis pekerjaan yang lainnya.

Di lain sisi, perkembangan teknologi yang semakin cepat akan menumbuhkan demand baru yang sebelumnya kita tidak pernah tahu atau pun tidak pernah melihatnya sama sekali.

Berikut adalah profesi yang memiliki potensi muncul di tahun 2030, berdasarkan riset yang dilakukan oleh LinkedIn.

1. Profesi Human-Machine Learning
Teknologi artifisial intelijen akan menjadi tren selanjutnya dimana komputer bisa memiliki kemampuan Belajar seperti manusia bahkan bisa melebihi.


Machine learning pada saat ini belum advance yang dibayangkan. Namun, pada tahun 2030, hal itu sangat emmungkinkan kita berinteraksi dengan robot-robot dalam kehidupan nyata yang membantu aktivitas-aktivitas pekerjaan kita.

2. Profesi Drone Traffic Optimizer
Proses ekspedisi yang dilakukan diantar kan oleh Drone yang lebih menghemat menghemat waktu. Namun, saat ini masih sulit dilakukan terutama dalam jarak jauh mengingat kekuatan dan kapabilitas brand itu sendiri masih belum memadai.

Namun, diprediksi untuk 10 tahun ke depan diperkirakan akan menjadi jalur ekspedisi dalam kota yang sudah mulai booming. Jadi, hal itu akan menyerap banyak tenaga kerja ahli.

3. Profesi Engineer Organ
Dengan pesatnya teknologi 3D printing, maka organ manusia akan dibuat secara massal dengan bahan sintetis. Sehingga, ini bisa menyelamatkan nyawa banyak orang tanpa harus terhambat oleh pendonor.

Organ-organ seperti ginjal, jantung, kornea mata, dan lainnya sangat dimungkinkan bisa dibuat secara massal dengan teknologi kini.

4. Profesi Argument Reality Engineer
Dengan berkembangnya dunia virtual yang semakin keren, orang-orang akan bisa merasakan sensasi tambahan di kehidupan yang mungkin sangat sulit untuk dirasakan dalam bentuk nyata.

Argument reality dan virtual reality akan sama-sama membutuhkan banyak lowongan seperti di bidang game produk storyteller dan sebagainya.

5. Profesi Digital Currency Engineer
Dengan booming-nya dunia cryptocurrency yang seperti kita kenal adalah Bitcoin membuat industri ini akan semakin bersinar di 2030. Digital Currency Enginer digadang-gadang akan terus masuk dalam kehidupan sehari-hari.

Dari tahun ke tahun, bidang pekerjaan terus mengalami proses perubahan dan pergantian yang cukup signifkan. Dengan munculnya bidang pekerjaan baru, tentu akan menjadi peluang baru juga. Namun, hal ini juga akan mengancam persaingan bidang pekerjaan yang baru dengan bidang pekerjaan yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Apa Aja Ya?