Indeks Saham Berbasis ESG, Apa Itu?

Indeks Saham Berbasis ESG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Indeks Saham Berbasis ESG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Akhir tahun 2021 lalu, Bursa Efek Indonesia (BEI) menerbitkan sejumlah indeks saham baru nih. Salah satu yang menarik yaitu indeks berbasis ESG, apa itu?

Dilansir dari laman Bisnis, pada 20 Desember 2021 lalu BEI secara resmi merilis dua indeks baru berbasis ESG atau Environment, Social, and Good Governance. Indeks tersebut antara lain Indeks ESG Sector Leader IDX KEHATI dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI.

Eits, sebelum lebih jauh, kamu tahu enggak apa ESG itu sebenarnya?

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Investasi Berbasis ESG
 

Apa Itu ESG?

Kalau dilansir dari laman ESGI (ESG Intelligence), ESG adalah sebuah standar bagi perusahaan dalam mempraktikan investasinya yang fokus pada konsep lingkungan (Environment), sosial (Social), dan tata kelola perusahaan (Governance).

Jadi, perusahaan tersebut bakal fokus pada investasi terkait kelestarian lingkungan, masyarakat, komunitas, serta punya proses pengelolaan yang baik dan berkelanjutan dalam internalnya.


ESGI pun menyebutkan bahwa pada dasarnya ESG bukanlah sebuah beban biaya, melainkan sebuah investasi. Nah, perusahaan yang fokus pada ESG adalah perusahaan berkelanjutan yang menjalankan bisnis secara bertanggung jawab.

Makanya, indeks ESG dalam bursa pun ditujukan untuk menjawab kebutuhan investor yang mengintegrasikan aspek-aspek ESG di pasar modal Indonesia.

 

Indeks Saham Berbasis ESG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Indeks Saham Berbasis ESG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Indeks-Indeks Berbasis ESG

Dengan adanya peluncuran indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan ESG Quality 45 IDX KEHATI, kini BEI jadi punya empat indeks berbasis ESG deh.

Apa saja indeks berbasis ESG yang eksis di BEI?

1. Indeks SRI KEHATI

Dikelola bekerja sama dengan Yayasan KEHATI, indeks SRI KEHATI pertama kali dirilis pada Juni 2009. Dari informasi di laman BEI, Indeks SRI KEHATI adalah indeks yang mengukur kinerja harga 25 saham dari emiten yang punya kinerja baik dalam mendorong usaha berkelanjutan.

Selain itu, 25 emiten tersebut juga punya kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik (Sustainable and Responsible Investment/SRI).
 

2. Indeks ESG Leaders

Indeks in mengukur kinerja harga dari saham yang punya penilaian ESG dan enggak terlibat dalam kontroversi secara signifikan. Adapun, dalam resminya, BEI menyebutkan bahwa penilaian ESG dan analisis kontroversi dilakukan oleh sustainalytics.

Enggak cuma itu, Indeks ESG Leaders juga terdiri dari saham-saham yang punya likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik lho!
 

3. Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI

Nah, beda dengan Indeks ESG Leaders, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dihuni sama saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya lho, Be-emers! Saham-saham dalam indeks ini juga punya likuiditas yang baik.

Di satu sisi, klasifikasi industri dalam indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI mengacu pada IDX Industrial Classification (IDX-IC). Sama kayak Indeks SRI KEHATI, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI juga dikelola BEI bekerja sama dengan Yayasan KEHATI (Keanekaragaman Hayati).

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Indeks Saham
 

4. Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI

Nah, kalau Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI berisikan 45 saham terbaik berdasarkan kinerja ESG, kualitas keuangan emiten, dan likuiditas yang baik nih, Be-emers. Yah, bisa dibilang mirip sama Indeks LQ45, tapi berbasis ESG gitu deh.

Oh iya, sesuai namanya, Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI juga diluncurkan dan dikelola bekerja sama dengan Yayasan KEHATI.


Gimana, kamu tertarik untuk koleksi saham yang ada di indeks-indeks berbasis ESG enggak, Be-emers?