Ini 4 Saham LQ45 Paling Cuan Selama 2021

Cryptocurrency workstation portrait edition

Cryptocurrency workstation portrait edition

Like

Saham LQ45 merupakan istilah saham yang paling likuid dan aman. Banyak analis saham yang menyarankan saham yang berada dalam indeks LQ45 sebagai trading dan investasi bagi pemula.

Hal ini dikarenakan ada beberapa pertimbangan yakni tingkat likuiditas yang tinggi, market cap yang besar, kinerja yang terjaga, serta pembagian dividen yang rutin.

Akan tetapi, ada anggapan yang mengatakan bahwa return yang dihasilkan oleh saham LQ45 ini akan terbatas karena merupakan saham bagus dengan pergerakan yang terbatas. Hal lain dikarenakan saham ini bukan saham gorengan yang berfluktuasi sangat tinggi.

Namun apakah selalu benar anggapan tersebut? Mari kita cek fakta berikut!

Kami menggunakan data sejak 1 januari 2021-31 desember 2021.

 

1. TBIG (gain 85%)  



 

Pergerakan Saham TBIG - Image: Pribadi

Pergerakan Saham TBIG - Image: Pribadi

 

TBIG (PT  Tower Bersama Infrastructure Tbk.) merupakan penghuni indeks LQ45 yang bergerak di bidang tower. Di kala pandemi, penggunaan sinyal dan kebutuhan alat elektronik meningkat.

Oleh karena itu, TBIG melakukan ekspansi dengan memperbanyak jumlah tower yang ada. Hal ini dicerminkan harga saham yang melambung tinggi dengan meraih gain 85 persen secara Year-to-Year (YtY).

 

2. MDKA (gain 50%)  

 

Pergerakan Saham MDKA - Image: Pribadi

Pergerakan Saham MDKA - Image: Pribadi


MDKA (PT Merdeka Copper Gold Tbk.) merupakan emiten yang memiliki kegiatan usaha di bidang pertambangan emas. Peningkatan harga saham MDKA sejalan dengan kenaikan harga emas karena kenaikan permintaan emas yang meningkat tajam

Oleh karena itu, MDKA memiliki kinerja saham yang kinclong dengan memperoleh gain kurang lebih 50 persen. 

 

3. ADRO (gain 57%)  

 

Image: Pribadi

Pergerakan Saham ADRO - Image: Pribadi


ADRO (PT Adaro Energy Tbk.) juga saham LQ45 yang memiliki bisnis dalam bidang pertambangan. Produk ADRO yakni salah satunya adalah batu bara.

Batu bara merupakan salah satu komoditas yang memiliki kenaikan harga yang fantastis selama pandemi. Oleh karena itu, kinerja keuangan emiten ini juga meroket dan tercermin dengan kenaikan harga saham nya sebesar kurang lebihs 57 persen secara Year-to-Year.

 

4. TLKM (gain 20%)

 

Image: Pribadi

Pergerakan Saham TLKM - Image: Pribadi


TLKM (PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.) merupakan penyedia layanan telekomunikasi plat merah di Indonesia. Cakupan bisnis yang luas memberikan TLKM pangsa pasar yang luas pula.

Sehingga, di kala pandemi, pendapatan TLKM meningkat berkat konsumsi data internet yang meningkat, seiring dengan pemasangan wifi Indihome. Anak usaha TLKM juga bermacam macam. Oleh karena itu, saham TLKM naik hingga mencapai 20 persen 
secara Year-to-Year,

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah tidak selamanya saham LQ45 memiliki pergerakan yang terbatas.

Dari fakta di atas, dapat dilihat bahwa yang perlu kita lakukan apabila membeli saham LQ45 ini adalah kesabaran. dikarenakan memang fluktuasi yang tidak tinggi, akan tetapi bisa menghasilkan cuan yang konsisten apabila kita bersabar. 

Baca Juga: 
Moncer Hingga Agustus 2020, Ini Saham Paling Unggul di LQ45