Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih? Begini Tipsnya

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Promosi berupa gratis ongkos kirim atau ongkir memang menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menggaet pelanggan. Namun, sebenarnya gratis ongkir itu bikin jualan online kamu jad rugi enggak sih?

Belakangan ini, promo gratis ongkir sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis online. Baik di e-commerce, media sosial, maupun marketplace.

Dikutip dari laman BigCommerce, gratis ongkos kirim atau free shipping menarik bagi pelanggan yang menghargai struktur harga yang sederhana. Sehingga, gratis ongkir menjadi keunggulan kompetitif yang potensial bagi bisnis online.

Opsi gratis ongkir bisa memainkan peran penting dalam keputusan pelanggan untuk menghabiskan uang di toko kamu nih, Be-emers. 

Di satu sisi, saat kamu jualan di marketplace, mungkin promo gratis ongkir enggak akan membebankan kamu karena sudah ditanggung oleh pihak marketplace. Namun, gimana dengan kamu yang jualan di e-commerce maupun di media sosial?


Baca Juga: Jualan di Website Sendiri VS Marketplace dan Medsos, Mana yang Lebih Cuan?
 

Keuntungan Promo Gratis Ongkir

Sebenarnya, promo gratis ongkir itu justru bisa memberikan keuntungan tersendiri terhadap bisnis kamu nih, Be-emers. Apalagi, kalau kamu memberikan promo gratis ongkir saat di momen tertentu, seperti di momen Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Dilansir dari laman ShipBop, untuk kamu yang jualan melalui e-commerce, promo gratis ongkir bisa menambah jumlah pengunjung website e-commerce kamu. Selain itu, pembeli bisa meningkatkan jumlah uang mereka untuk dibelanjakan di e-commerce yang kamu miliki.

 

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Berdasarkan survei yang dipublikasi dalam jurnal Knowledge at Wharton, University of Pennsylvania, 60 persen perusahaan e-commerce yang menerapkan promo gratis ongkir menganggap hal itu sebagai alat pemasaran mereka yang paling sukses lho!

Bahkan, mereka menemukan bahwa banyak pelanggan lebih suka mendapatkan gratis ongkir ketimbang diskon untuk setiap pembelian produk. Dikutip ShipBop, semakin banyak orang yang menyadari bahwa kamu menawarkan gratis ongkir, semakin banyak pelanggan yang bisa sampai ke proses checkout.

 

Tips Lakukan Promo Gratis Ongkir

Meskipun promo gratis ongkir bisa menarik perhatian pelanggan, tapi kamu juga enggak bisa sembarangan dalam menerapkannya lho. Jangan sampai, gratis ongkir justru akan membebani biaya operasional kamu dan menyebabkan kerugian.

 

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Ongkir Bikin Jualan Online Rugi Enggak Sih - Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Untuk itu, ada sejumlah tips nih yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan promo gratis ongkir:

1. Fokus pada Up-Sell dan Cross-Sell

Dikutip dari laman BigCommerce, pengiriman akan lebih efisien, jika semakin banyak produk yang akan dibeli oleh pelanggan. Kamu bisa menyiasati promosi gratis ongkir dengan menetapkan jumlah minimum pembelian produk.

Jadi, saat kamu mengeluarkan biaya untuk pengiriman, jumlah produk yang dibeli lebih banyak akan membuat Up-Sell dan Cross-Sell menjadi penggerak margin keuntungan.
 

2. Bekerjasama dengan Perusahaan Pengiriman

Selain itu, kamu juga bisa lho bekerjasama dengan perusahaan pengiriman. Misalnya, perusahaan pengiriman akan memberikan diskon pengiriman barang dan kamu bisa memberikan iklan di platform e-commerce atau media sosial toko kamu.

Dengan begitu, kamu juga akan meningkatkan kepercayaan pengiriman barang kepada kepada pelanggan.

Baca Juga: Biar Cuan, Ini Tips UMKM Jualan di Marketplace Ala Nata Coffee
 

3. Pasang Iklan dan Sebarkan Promosi Langsung ke Pelanggan

Hal terpenting adalah memberi tahu kepada pelanggan atau calon pelanggan kamu bahwa toko kamu memiliki gratis ongkir. Caranya, kamu bisa memasang iklan di media sosial atau memasang banner di website e-commerce toko kamu nih, Be-emers.

Selain itu, kamu juga melakukan promosi secara langsung ke pelanggan lho. Kamu bisa mengirim e-mail atau pesan singkat lewat WhatsApp ke pelanggan.

Cara tersebut akan lebih efektif untuk memberikan notifikasi ke pelanggan bahwa toko kamu akan memberikan promosi gratis ongkir.

Gimana, tertarik untuk mencoba promosi gratis ongkir?