3 Peluang Usaha Jasa Kekinian dengan Keuntungan Menjanjikan

Peluang Usaha Jasa (Sumber gambar: Pexels)

Peluang Usaha Jasa (Sumber gambar: Pexels)


Peluang usaha di bidang jasa masih menjadi salah satu primadona yang menjanjikan untuk meraih keuntungan. Bagaimana tidak, dengan mengandalkan keterampilan yang kamu miliki tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, kamu sudah bisa menghasilkan pendapatan.

Selain mengeluarkan modal yang minim, usaha di bidang jasa juga bisa dilakukan dari rumah lho. Tentu saja, sebelum terjun dalam usaha di bidang jasa, kamu perlu memiliki skill yang mumpuni dan layak untuk diperdagangkan.

Apa saja peluang usaha di bidang jasa yang bisa kamu coba? Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Intip 3 Ide Peluang Usaha dari Mainan Lego yang Bisa Kamu Coba

 

1. Jasa Desain Grafis

Peluang usaha jasa yang pertama adalah desain grafis. Permintaan para client terhadap jasa yang satu ini terbilang sangat tinggi.


Pertumbuhan ekonomi kreatif yang semakin meningkat, memberikan pengaruh positif bagi perkembangan usaha di bidang jasa desain komunikasi visual (DKV). BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat bahwa ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang signifikan yaitu sebesar 7,44 persen terhadap total perekonomian Indonesia.

Salah satu subsektor dari pertumbuhan ekonomi kreatif ini adalah DKV yaitu sebesar 8,14 persen. Jadi, tidak heran jika banyak orang dari luar jurusan DKV pun turut menekuni bidang ini demi menjadi desainer grafis profesional.

Untuk kamu yang sudah memiliki bakat dan kemampuan sebagai seorang desainer grafis, tidak ada salahnya untuk membuka usaha ini dari rumah. Kamu bisa mulai dengan modal utama berupa laptop atau komputer yang sudah terinstal software dan tools khusus untuk kamu berkarya.

Lalu, bagaimana jika kamu memiliki minat yang besar namun kemampuanmu belum terasah sempurna? Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan platform seperti Canva untuk belajar mengasah kemampuan dan menciptakan karya.

Kamu bisa mengumpulkan seluruh karya yang sudah kamu buat lalu dijadikan portfolio untuk menarik perhatian client.

Baca Juga: Banyak UMKM Bermunculan, Jasa Desain Logo Bisa Jadi Peluang!
 

2. Jasa Foto dan Video

Kamu punya hobi fotografi dan videografi? Cocok banget nih untuk membuka usaha di bidang jasa pembuatan foto dan video.

Terlebih, kini konten digital menjadi hal wajib jika ingin terus update dengan tren yang sedang hangat. Jadi, peluang usaha di bidang foto dan video juga masih terbuka sangat lebar bagi kamu yang memiliki ketertarikan.

Namun, bagaimana cara memulai usaha di bidang jasa fotografi dan videografi? Pertama-tama, jika kamu sudah mempunyai keterampilan untuk mengambil gambar dan video dengan baik, kamu bisa melengkapinya dengan peralatan yang menunjang usaha kamu.

Apa saja itu? Tentu saja yang paling utama adalah kamera. Alat ini menjadi aspek terpenting. Namun, kamu tidak harus langsung membeli kamera dengan budget yang mahal.

Mulailah dari apa yang kamu punya, karena jika kita melihat para photographer dan videographer profesional, mereka selalu memulai usahanya dari nol. Jadi, tak perlu putus asa ataupun minder jika alat yang kamu miliki belum sempurna.

 

3. Jasa Pembuatan Website dan Pengelolaan Media Sosial

Scrolling Instagram atau TikTok sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh mayoritas orang di zaman sekarang. Habit ini membuka peluang baru bagi para pengusaha untuk menjadikan media sosial sebagai sarana pemasaran digital mereka.

Ternyata tak hanya media sosial saja yang penting dalam strategi digital marketing. Keberadaan website dan landing page juga sudah menjadi platform yang mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dan citra perusahaan.

Dari sinilah muncul peluang untuk membuka jasa dalam pembuatan website hingga pengelolaan media sosial. Karena tak sedikit bisnis atau usaha yang memerlukan bantuan untuk memaksimalkan media digital mereka.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk menghasilkan pendapatan dari menjual kemampuan dan karya yang kamu ciptakan.

Jika dahulu dunia IT sedikit sulit dijamah, kini semua bisa kamu pelajari melaui kursus online yang sesuai dengan minat kamu.

Termasuk dalam hal belajar membuat website dan mengelola media sosial. Sehingga, kamu tak perlu khawatir atau takut jika sebelumnya tidak memiliki latar belakang dalam dunia IT.

Bagaimana dengan ulasannya? Menarik, bukan? Di era seperti saat ini, untuk menghasilkan pendapatan yang tinggi tak lagi hanya mimpi.

Melalui keterampilan yang kamu miliki, kamu bisa memanfaatkan tiga peluang usaha jasa di atas untuk menjemput rezeki.

Baca Juga: Beli Followers Instagram, Apa Sih Dampaknya?


Editor: Rachma Amalia