Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan antara SEO dengan SMO

SEO (Sumber gambar: Instagram.com/sofodel)

SEO (Sumber gambar: Instagram.com/sofodel)


Digital marketing ialah suatu kegiatan pemasaran yang berfungsi untuk memasarkan produk dari sebuah atau beberapa merk. Digital marketing memiliki beragam strategi untuk memperlancar aktivitasnya.

Dua diantaranya adalah SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization).
Dua strategi ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pengertian, kelebihan, hingga kekurangannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing
 

Perbedaan SEO dan SMO

1. Pengertian SEO dan SMO

Definisi dari SEO sendiri adalah suatu teknik yang berfungsi untuk mengoptimasi website pelanggan agar dapat tampil pada ranking teratas atau muncul di halaman pertama pada halaman search engine seperti Google. Jenis SEO ada 4 yaitu On Page SEO, Off Page SEO, Technical SEO, dan Local SEO. 

Definisi dari SMO sendiri adalah suatu teknik mengoptimasi website pelanggan melalui pihak ketiga atau perantara. Perantara ini bisa melalui sosial media.
 

2. Kelebihan SEO dan SMO

Kelebihan dari SEO yang pertama adalah dapat menghemat biaya. Dengan menggunakan SEO, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan iklan.


Oleh karena itu, kamu perlu membuat konten yang berkualitas serta bermanfaat bagi semua orang supaya kontenmu dapat menempati halaman pertama di Google. Kelebihan dari SEO yang kedua adalah kamu dapat memantau traffic pengunjung setiap hari secara mudah.

Sedangkan kelebihan dari SMO adalah kamu akan mudah berinteraksi dengan para audience secara mudah serta mendapatkan umpan balik dari para pelanggan secara mudah juga. Kelebihan lainnya adalah menghasilkan beragam engagement yang lebih tinggi. 
 

3. Kelemahan SEO dan SMO

Kelemahan dari SEO adalah butuh kesabaran yang tinggi. Jika kamu ingin proses dan hasil yang cepat, maka SEO bukanlah strategi yang tepat.

Kamu perlu sabar, ulet, dan kerja keras yang tinggi dalam melakukan banyak hal seperti riset keyword, membuat konten yang sesuai serta berkualitas, dan lain-lain hingga berhasil mencapai halaman pertama.

Sedangkan untuk kelemahan dari SMO adalah tidak mempunyai data keyword yang benar pada para audience, tidak seperti SEO yang ada data keywordnya. Kelemahan lainnya adalah tidak ada ukuran yang benar untuk menentukan sebuah hasil yang tepat, tidak seperti SEO yang hasilnya dapat mencapai halaman pertama. 

Baca Juga:  Cara Research Keyword Yang Benar Untuk Content Creator




Editor: Rachma Amalia