Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Peluang Karir untuk Ambivert!

Guru (Sumber gambar: canva.com/teacher)

Guru (Sumber gambar: canva.com/teacher)


Ambivert terkenal dengan sosok yang fleksibel dalam menghadapi orang serta situasi yang terus berubah.

Ambivert juga tergolong orang yang bisa menikmati walau sekelilingnya dengan sangat ramai seperti ekstrovert. Di satu sisi, ambivert juga membutuhkan tempat untuk sendiri seperti introvert

Berikut penjelasan detail tentang orang yang berkepribadian ambivert. Bisa saja kamu termasuk kelompok ambivert ini.

Baca Juga: Cara Si Introvert dan Ekstrovert Mengelola Uang Berdasarkan MBTI
 

Ciri-ciri Ambivert

Ada dua ciri utama yang dimiliki oleh kamu dengan kepribadian ambivert ini.

Ciri pertama adalah mampu menjadi penyeimbang dalam beragam situasi yang terjadi. Seorang ambivert akan dapat memecah kecanggungan yang tiba-tiba terjadi dan mampu mengontrol situasi tersebut. 


Ciri yang kedua adalah mampu mejadi pendengar yang baik di saat dibutuhkan. Seorang Ambivert akan mampu mengetahui kapan waktu serta tempat yang tepat untuk mendengar dan mengutarakan pendapatnya dengan baik dan benar sehingga tidak menyinggung pihak lain. Kepribadiannya ini akan membuatnya mudah diterima oleh siapapun di segala situasi. 
 

Kelebihan Ambivert

Ambivert juga memiliki 2 kelebihan utama yang dimiliki dibandingkan kepribadian ekstrovert dan introvert. Kelebihan pertama, mampunyai hubungan yang sehat baik itu dengan keluar, teman dekat, maupun teman kerja.

Seorang Ambivert cenderung mempunyai emosi yang stabil dan kepribadiannya yang fleksibel sehingga mampu menjadi penengah bagi kepribadian yang berseberangan. 

Kelebihan yang kedua adalah peka terhadap situasi sehingga mampu mengendalikan situasi yang baik. Ketika melakukan aktivitas seperti memasarkan produk, seorang yang kerpibadian ambivert mampu mengetahui dan mendengarkan apa yang diinginkan calon pelanggan dengan baik tanpa bersikap berlebihan maupun canggung. 
 

Peluang Karir Ambivert

Ada 5 peluang karir sebagai rekomendasi untuk kamu yang ternyata memiliki kepribadian Ambivert. Peluang karir tersebut diantaranya adalah sales, guru, perawat, aktor, serta spesialis hubungan masyarakat.

Spesialis hubungan masyarakat sendiri bertugas membantu para klien dalam mempersiapkan dirinya ketika akan tampil di depan umum untuk menyampaikan pesan-pesan yang penting. Persiapan yang dimaksud seperti menyiapkan bahan untuk pidato atau siaran pers.

Tujuan dari persiapan tersebut adalah supaya para klien mampu mengubah atau mengembangkan perasaan serta pandangan masyarakat tentang para klien tersebut.

Baca Juga: Peluang Cuan untuk Kamu yang Introvert