Mengenal Lenna, virtual Assistant Pribadi berbasis AI untuk Industri Dalam Negeri

Chat Bot Lenna (Sumber foto: Lenna.ai)

Chat Bot Lenna (Sumber foto: Lenna.ai)

Like

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kini juga tengah berkembang secara pesat di Indonesia.

Sekarang AI sudah mulai banyak digunakan oleh industri yang membutuhkan pelayanan otomatis untuk customernya. Lenna pun turut hadir dan menjadi pelopor platform virtual assistant pribadi berbasis AI di Indonesia.

Lenna sendiri merupakan perusahaan startup dengan produk teknologi berbasis AI yang dididirikan oleh Alen Bobby Hartanto pada tahun 2018. Produk dari Lenna itu memiliki fungsi sebagai virtual assistant secara personal yang berbahasa Indonesia dan 160 Bahasa lainnya yang ada di dunia. 

Serupa dengan Siri yang dimiliki oleh Apple, Lenna juga menggunakan fitur perintah suara atau voice command. Meski begitu, tersedia pula fitur chat bot dengan perintah melalui teks yang diketik.

Baca Juga: Kenalan dengan Ai-Da, Robot yang Bisa Menulis Puisi dan Membuat Karya Seni


Sejak perilisannya, Lenna telah mengembangkan produknya untuk keperluan akses bisnis secara pribadi. Lenna berfokus pada AI untuk Automation Customer Support Platform. Meski begitu, startup ini juga melayani pembuatan virtual asisten, chat bot, Omni Messaging, WhatsApp Bisnis API, dan aplikasi mobile

Dalam penerapannya di industri, salah satunya di dunia perbankan. Lenna akan memasuki sistem inti milik Bank tersebut untuk melakukan integrasi perintah dan menyesuaikan AI untuk kebutuhan para pengguna perbankan. Bisa dibilang, ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Lenna.

Sesuai dengan teknologinya yang memiliki sistem terintegrasi. Selain dipakai di industri perbankan, Lenna kerap membantu pelayanan customer di Rumah Sakit. Menggunakan cara yang sama, Lenna menghubungkan virtual asisten miliknya ke sistem inti aplikasi milik RS tersebut untuk meningkatkan Traffic Booking. 

Di industri perbankan, virtual asisten personal yang diintegrasikan dapat memberi arahan kepada robot untuk memerintahkan transfer ke suatu rekening. Oleh karena itu, Lenna pun telah menyiapkan sistem pairing sebagai penghubung sumber data nasabah dengan teknologinya tersebut guna mempermudah transaksi perbankan.

Selama sepak terjangnya, Lenna telah banyak berkolaborasi dengan beberapa brand yang memang membutuhkan Customer Support langsung. Beberapa di antaranya, yaitu Bank BNI, BKPM, Telkom Indonesia, Mega Insurance, IKEA, Primaya Hospital, dan Jasa Raharja.

Keunggulan lain yang dimiliki Lenna, yakni teknologi chat botnya dapat menanggapi jutaan customer, seperti nasabah perbankan. Dengan automasi oleh virtual assistant Lenna, Service Reaction Rate yang dihasilkan pun rata-rata mencapai diatas 90 persen. 

Artinya, tanpa ada bantuan manusia, sekian banyak nasabah yang menggunakan layanan perbankan bisa ditangani oleh Robot yang telah memiliki database Bank tersebut. Dari hal tersebut, Lenna meraih Sertifikat ISO 27001:2013 yang merupakan dokumen standar dalam Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI).

Gimana, Be-emers? Tertarik untuk mencoba teknologi AI sebagai virtual assistant pribadi untuk automasi pelayanan customer di bisnismu?

Baca Juga: Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Bisnis Kamu






Editor: Rachma Amalia