7 Ide Bisnis dengan Modal Kecil bagi Kamu Pecinta Kucing

7 Ide bisnis dengan modal kecilbagi kamu pecinta kucing (Sumber gambar: pexels.com/@kevin809)

7 Ide bisnis dengan modal kecilbagi kamu pecinta kucing (Sumber gambar: pexels.com/@kevin809)

Like

Ide bisnis pecinta kucing adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan bisa kamu manfaatkan pada tahun 2022 ini. Dengan modal kecil, kamu bisa menjalankan ide bisnis ini.

Apalagi ini berkaitan dengan hobbi kamu sebagai pecinta kucing. Kamu tidak perlu lagi untuk riset pasar karena sudah tahu seluk beluk kebutuhan kucing ataupun takut akan resiko besar.

Berdasarkan laman Mordor Intelligent tentang Indonesia Pet Food Market Growth, Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan permintaan makanan kucing. Ini akibat dari wabah korona, sehingga membuat seseorang harus tetap di rumah saja.

Akibat selalu di rumah tersebut membuat seseorang mengalami tingkat kesepian yang lebih tinggi. Salah satu cara menguranginya adalah memelihara hewan peliharaan seperti kucing.

Berbagai macam jenis kucing banyak dipelihara seseorang. Dari kucing domestik sampai kucing non-domestik. Ada yang didapatkan secara gratis atau adapula yang rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk adopsi kucing yang disukai.


Baca Juga: Harga Kucing Persia Ada yang Mahal dan Murah, Kok Bisa?

Jika kamu bisa melihat peluang usaha ini, maka manfaatkanlah kondisi tersebut dengan membuka usaha.
 

Ada 7 Ide Bisnis dengan Modal Kecil Bagi Kamu Pecinta Kucing:

 

1. Jual Rumput Kucing (Rumput Gandum)

Ide bisnis pertama ini adalah kamu menjual rumput kucing atau rumput gandum. Rumput kucing ini memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan dan peredaran darah kucing.
 

Rumput Kucing (Sumber gambar :instagram.com/tokokekucingan)

Rumput Kucing (Sumber gambar :instagram.com/tokokekucingan)
 

Jika kamu berminat menjual rumput kucing maka kamu harus mendapatkan supplier yang menjual dengan harga murah, seperti pot, media tanam, bibit gandum, dan packaging kardus.

Setelah menemukannya, kamu bisa menjual rumput kucing dalam bentuk tanaman rumput yang siap dikonsumsi atau DIY paket tanaman rumput kucing. Penjualan bisa dilakukan secara online atau titip jualan ke pet shop terdekat rumah kamu.
 

2. Reseller Baju dan Aksesoris Kucing

Selanjutnya, ide bisnis pecinta kucing yang dapat kamu lakukan adalah menjadi reseller baju dan aksesoris kucing. Sama akan halnya ide bisnis pertama, kamu harus mendapatkan supplier baju dan aksesoris kucing dengan harga murah terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat menjual kembali dengan harga sesuai pasaran.
 

Kucing Memakai Baja (Sumber Gambar: peles.com/@hammad-khalid-155549)

Kucing Memakai Baja (Sumber gambar: peles.com/@hammad-khalid-155549)


Biar konsumen tertarik dengan produk yang dijual, kamu bisa menambah pakaging unik sekreatif mungkin. 

Baca Juga: 5 Bisnis Sampingan yang Paling Menjanjikan dengan Modal Kecil!
 

3. Jual Repack Makanan Kucing

Ide bisnis ketiga adalah menjual repack makanan kucing dalam bentuk 1 kg. Bentuknya bisa berupa bungkusan plastik atau botol plastik. Contohnya adalah kamu membeli makanan dry food 20 kg/karung. Merek makanannya adalah Universal Kitten dengan harga Rp550.000,00.

Kamu bisa menjualnya kembali dalam bentuk repack 1 kg dengan harga Rp30.000,00. Jika habis terjual semua, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp50.000,00.
 

4. Content Creator

Ide bisnis selanjutnya adalah menjadi content creator , dengan memuat video atau foto-foto kucing. Jika kontenmu disukai oleh banyak orang maka kamu akan lebih mudah untuk menjual baju atau memilliki banyak kesempatan untuk melakukan endorsement.

Seperti kucing pororo, dimana kucing ini sangat viral di Tiktok karena tingkahnya yang sangat tenang melihat layar handphone sambil membantu ownernya menjual baju dan aksesoris kucing. Atau seperti kucing chlowiesemok yang viral karena suka marah-marah dan hobbi nyakar owner.
 

5. Jual Foto Kucing

Bagi kamu yang suka motoin kucing, ide bisnis ini bisa dicoba. Koleksi foto-foto kucingmu di gallery handphone bisa dijual di situs penjualan foto seperti Shutterstock atau dalam bentuk NFT di Opensea. Keuntungan yang diraih bisa puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah. 

Baca Juga: Viral Meme Nyan Cat Laku Hingga Ratusan Ribu Dolar! Kok Bisa Sih?
 

6. Jasa Penitipan Kucing

Jika kamu memiliki kamar kosong maka bisa nih dimanfaatkan untuk tempat penitipan kucing. Apalagi kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta maka berpeluang besar memperoleh keuntungan lebih besar.

Banyak pecinta kucing yang musti melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau pergi mudik pulang kampung. Khawatir bawa kucing kesayangan ke kampung, maka solusi adalah menitip ke jasa penitipan kucing.

Dengan peluang ini, kamu bisa memanfaatnya. Cuma mengeluarkan uang untuk dekorasi kamar khusus kucing dan membelikan kucing mainan supaya tidak stress.

Sehari penitipan dimulai harga Rp20.000,00. Cukup kamu pastikan jadwal makan kucing sesuai dengan permintaan ownernya dan menjaga kondisi kandang/ruangan selalu bersih. 
 

7. Jasa Grooming Kucing

Terakhir, ide bisnis pecinta kucing dengan modal kecil adalah membuka jasa grooming kucing. Skill yang dibutuhkan adalah kamu tahan banting apabila dicakar kucing dan bisa membuat kucing tidak stress saat dimandikan. 

Modal yang dikeluarkan berupa membeli perlengkapan lengkap untuk grooming termasuk shampoo dan hair dryer. Setiap kucing yang dimandikan bisa mengeluarkan biaya mulai dari Rp40.000,00-Rp100.000,00. Harga ini tergantung tingkat ketebalan bulu kucing, berjamur, atau berkutu. 

Dari 7 ide bisnis ini, Adakah yang membuat yang membuat tertarik untuk mulai?

Apalagi ini dengan bisa dimulai modal kecil sambil menjalani hobbi kamu sebagai pencinta kucing. Tulis di kolom komentar ya.







Editor: Rachma Amalia