Kamu Ingin Diet yang Cepat Namun Sehat? Lakukan 3 Olahraga Ini!

Tinju (Sumber gambar: Canva.com/tinju)

Tinju (Sumber gambar: Canva.com/tinju)


Salah satu tips yang dapat kamu lakukan ketika ingin diet atau menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga yang konsisten.

Ada 3 jenis olahraga yang dapat kamu praktekkan seperti tinju, plank, dan lari.
 

1. Tinju

 

Tinju (Sumber gambar: Canva.com/tinju)

Tinju (Sumber gambar: Canva.com/tinju)


Tidak hanya dilakukan untuk laki-laki, olahraga tinju dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu, semua orang dapat merasakan manfaat dari olahraga ini yang bisa menurunkan berat badan secara mudah serta sehat.

Kalori yang dibakar ketika kamu sedang melakukan olahraga jenis ini cukuplah banyak. Untuk kamu yang pria, 500 kalori per jam. Sedangkan kamu yang wanita dapat membakar 400 kalori per jam.

Baca Juga: Selain Diet, Ini Alternatif Dapatkan Tubuh Ideal dan Sehat
 

2. Plank

 

Plank (Sumber gambar: Canva.com/plank)

Plank (Sumber gambar: Canva.com/plank)



Plank merupakan salah satu gerakan olahraga yang sangat sederhana dan mudah kamu lakukan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu melakukan secara konsisten dan tepat maka hanya dengan latihan selama 1 menit bisa membakar 2 hingga lima kalori yang ada di dalam tubuhmu. Hal ini juga tergantung dengan berat badan individu.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan matras sebagai alas tubuh. Lalu, ambil posisi seperti orang yang sedang melakukan push up. Selanjutnya, tekuk lengan hingga sudut 90 derajat.

Upayakan juga siku menyentuh matras. Kemudian, tahan posisi tubuh ini selama kurang lebih 2 menit lamanya. Setelahnya, ulangi gerakan yang sama sesuai kemampuan.
 

3. Lari

 

Lari (Sumber gambar: Canva.com/lari)

Lari (Sumber gambar: Canva.com/lari)


Melakukan olahraga lari khususnya lari pagi dipercaya menjadi solusi untuk menurunkan berat badan atau diet. Apalagi jika kamu berlari selama 30 menit maka dapat membakar kalori berkisar 298 hingga 372.

Beberapa tipsnya yaitu gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman terlebih dahulu. Lalu, jika terbiasa sarapan, sarapanlah dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya.

Kemudian, lakukan pemanasan terlebih dahulu minimal 5 menit sebelum lari agar memberi tubuh bersiap diri dan mencegah cedera. Selanjutnya, mulailah lari dengan intensitas yang ringan dengan durasi 20 hingga 30 menit.

Setelahnya, lakukan pendinginan agar detak jantung kembali normal. Lalu, minumlah air putih yang banyak agar mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Kamu Lagi Diet? 5 Karbohidrat Berikut Wajib Dikonsumsi