Selain Diet, Ini Alternatif Dapatkan Tubuh Ideal dan Sehat

Healthy Life - Canva

Healthy Life - Canva

Like

Punya badan yang ideal dan sehat pastinya jadi impian banyak orang. Apakah kamu salah satu yang mendambakannya, Be-emers?

Cara yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat, apalagi kalau bukan diet. Namun, sebenarnya ada cara lain kok buat mendukung kamu mendapatkan badan yang ideal.

Pada dasarnya, menurut Ahli Gizi dr. Raissa Djuanda, MGizi, SpGK, dikutip dari Bisnis, diet sangat berperan untuk menurunkan resiko penyakit metabolik seperti diabetes, kolesterol, asam urat, penyakit jantung, hingga kanker.

Selain itu, kalau tubuh langsing dan ideal, secara fisik juga akan tampak lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, diet justru bisa jadi berbahaya kalau kamu melakukannya terlalu ketat atau caranya salah. Diet yang keliru malah akan menimbulkan penyakit seperti sembelit, sakit kepala, kurang energi, hingga penyakit jantung dan ginjal lho, Be-emers!


Nah, Raissa pun menjelaskan, supaya tujuan diet kamu tercapai dengan hasil tubuh yang ideal dan sehat, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Soalnya, diet itu harus dirancang sesuai dengan kondisi fisik individu.

Baca Juga: Apa Itu Keto Diet? Is It Really Works?
 

Olahraga Minimal 150 Menit per Minggu

Memang sih, banyak banget obat pelangsing yang bertebaran iklannya di media sosial. Namun, hal itu justru kurang disarankan, Be-emers.

Cara yang paling aman adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain diet yang berjalan dengan lancar, Raissa menyarankan agar seseorang untuk aktif dan rajin olahraga yang dilakukan secara teratur minimal 150 menit per minggu.

Misalnya, kamu bisa berolahraga dengan cara berjalan kaki, bersepeda, hingga berenang lho, Be-emers.
 

Makan dengan Gizi Seimbang

Selain itu, Raissa juga mengimbau masyarakat yang sedang diet untuk mengutamakan penguatan imunitas. Sebaiknya, kamu pun tetap makan dengan gizi seimbang.

Caranya, kamu bisa pastikan pola asupan dalam sehari tetap mencakup makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral agar imunitas terjaga. Penting juga nih untuk mengatur jadwal makan yang rutin setiap hari.

Atau, kamu bisa juga mengurangi prosi makan dari ¼ porsi dari biasanya. Pengurangan itu kamu lakukan secara bertahap.

Yang terpenting, jangan sampai diet malah bikin kamu enggak makan sama sekali ya!

Baca Juga: Mengenal Plant Based Diet